Wood Job! (2014)

Wood JobMengambil latar tempat film sebagian besar di wilayah pegunungan yang penuh dengan hijaunya hutan-hutan yang tampak lebat dan asri, serta suasana penduduk pedesaan yang sangat erat sangat asyik untuk dilihat, seakan-akan membuat kangen sebagai penduduk kota untuk berkunjung kembali ke desa yang jauh dari suara bising dan kebersihan udaranya. Ya, film asal negara sakura, Jepang, yang berjudul internasionalnya Wood Job! berhasil melakukannya dengan sangat baik.

Wood Job! sendiri merupakan film hasil adaptasi dari cerita dalam novel berjudul Kamusari Nana Nichijo karya penulis Shiwon Miura. Yang kemudian diangkat ke sebuah film pada tahun 2014 lalu, disutradarai dan ditulis ulang skenarionya oleh Shinobu Yaguchi. Hasilnya sangat baik, Shinobu Yaguchi berhasil memvisualisasikan isi cerita dari novel ke dalam film, baik dari alur ceritanya serta pengambilan gambarnya yang menampilkan wujud pegunungan dan pedesaan di kaki gunung dengan secara detail. Bahkan humor atau unsur comedy yang dikeluarkan di sela-sela film sangat pas dan tidak berlebihan.

Berkisah tentang seorang pemuda kota bernama Yuki Hirano, diperankan oleh Shota Sometani, yang gagal mewujudkan keinginannya untuk lulus tes perguruan tinggi. Hingga akhirnya dia memutuskan untuk ikut dalam pelatihan pada suatu perusahaan di kehutanan, untuk menghilangkan kekecewaannya serta rasa patah hatinya. Yang tentunya dari segi budaya, sangat berbeda suasana lingkungan dan ikatan antara penduduknya dibandingkan dengan hidup di perkotaan.

Tantangan baru pun harus dihadapi oleh Yuki Hirano supaya dapat bertahan sampai satu tahun lamanya. Beruntung ada warga-warga yang baik dan mau mendidiknya agar bisa betah dan mau belajar bagaimana bekerja dengan baik di hutan, salah satunya adalah Yoki Iida diperankan oleh Hideaki Ito, yang memiliki karakter keras, pemarah, namun kadang ada tingkah-tingkah lucunya di film ini. Berbanding terbalik dengan karakter Yuki Hirano, seorang pemuda kikuk dan pemalas, bahkan untuk hal-hal yang mudah pun dia enggan untuk melakukannya. Penampilan Shota Sometani dan Hideaki Ito dalam memerankan karakternya masing-masing di film Wood Job! juga baik, terutama untuk pemeran pendukung Hideaki Ito dengan karakternya yang kadang tak bisa ditebak.

Dan ada tokoh wanita bernama Naoki Ishii yang diperankan oleh Masami Nagasawa, seorang wanita cantik yang menjadi idaman Yuki Hirano selama tinggal di pedesaan. Banyak kisah menarik dan lucu antara Yuki Hirano dan Naoki Ishii, chemistry di antara keduanya dibangun dengan sangat baik. Dan memang tidak dapat dipungkiri, unsur comedy di film Wood Job! ini merupakan salah satu faktor pendukung yang paling baik di sela-sela film selain dramanya yang memang begitu enjoy untuk ditonton.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *