Warcraft (2016)

warcraft

Satu lagi film yang dirilis pada tahun ini diadaptasi dari sebuah permainan di PC, bernama Warcraft, Warcraft adalah permainan strategi yang muncul pertama kali pada tahun 1994 berjudul Warcraft: Orcs & Humans yang diproduksi oleh Blizzard Entertainment. Dan seri yang paling terkenal berupa permainan MMORPG dengan judul World of Warcraft atau yang biasa disingkat dengan istilah WoW, bahkan digadang-gadang sebagai game MMORPG terbesar di dunia. Dengan kesuksesan permainan tersebut Legendary Pictures bekerja sama dengan Blizzard Entertainment sebagai pemegang hak cipta game Warcraft akhirnya berhasil mengangkat ke bentuk layar lebar.

Menunjuk Duncan Jones sebagai sutradara merupakan pilihan tepat, mengingat track record-nya sebagai sutradara yang pernah sukses menyutradarai film-film science fiction seperti Moon (2009) dan Source Code (2011) pastinya ada harapan berlebih supaya Warcraft tidak jatuh ke lubang kegagalan dan dapat mengecewakan para fans game ini. Tentu bukan perkara mudah mengadaptasi film dari game, jika salah sedikit saja baik dari penyutradaraan atau cerita akan menambah daftar film yang pernah gagal mengadaptasi dari sebuah game seperti pendahulunya, sebut saja seperti Street Fighter, Tomb Rider, Doom, Tekken, Hitman, dan bahkan Need For Speed.

Bercerita tentang peperangan antara orc (Horde) dengan manusia (Alliance), diawali dengan terbukanya portal dunia orc ke dunia Alliance oleh Orc Shaman bernama Gul’dan (diperankan oleh Daniel Wu), yang ditakuti oleh bangsa orc lainnya karena dia satu-satunya orc yang memiliki fel magic yang dapat mengambil energy dari makhluk lain. Dengan dukungan dari bangsa orc yang besar dan berhasil masuk ke dunia manusia atau Azeroth, akhirnya ras manusia terancam dengan kedatangan mereka yang saat itu dalam kondisi damai. Azeroth dipimpin oleh raja bernama Llane Wrynn (Dominic Cooper) bersama ksatria utamanya yang juga merupakan adik iparnya bernama Anduin Lothar (Travis Fimmel). Ditambah dengan kekuatan dua penyihir dari Azeroth, yang salah satunya adalah seorang guardian bernama Medivh (Ben Foster) yang telah menjaga Azeroth bertahun-tahun, serta penyihir lainnya yang masih berstatus apprentice bernama Khadgar (Ben Schnetzer).

Ada juga tokoh dari bangsa orc yang memiliki pandangan berbeda dengan Gul’dan, bernama Durotan (Toby Kebbell), adalah kepala suku dari Frostwolf, yang merasa terancam akan bangsanya sendiri jika Gul’dan masih menjadi pemimpin mereka, dengan dibantu oleh perempuan setengah orc bernama Garona (Paula Patton), mereka menjalankan misi tersembunyi untuk menjatuhkan Gul’dan.

Dari alur cerita di film Warcraft masih terkesan biasa saja, jika dibandingkan dengan kisah perang antar ras/bangsa seperti The Lord of The Ring tentu masih belum menjadi tandingannya, apalagi sebagai cerita awal untuk kisah-kisah selanjutnya, tentu menjadi pekerjaan rumah bagi Duncan Jones dan tim penulis lainnya jika ingin memperbaiki saga Warcraft ini. Untungnya dengan dukungan CGI yang masih baik dan eksekusi penyutradaraan yang baik juga oleh Duncan Jones, sedikit menyelamatkan dari kesederhanaan alur cerita di film Warcraft.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *