Victor Frankenstein (2015)

Victor FrankensteinSudah banyak cerita yang mengisahkan tentang seorang pria jenius dengan ide gilanya untuk menghidupkan kembali orang yang sudah meninggal bernama Victor Frankenstein, baik ke dalam film live action atau film animasi. Merupakan karya asli penulis novel Mary Wollstonecraft Shelley yang berjudul Frankenstein; or, The Modern Prometheus, yang kemudian pada tahun 2015 lalu kembali diadaptasi ke dalam bentuk film live action oleh sutradara Paul McGuigan, serta dibantu oleh Max Landis yang menulis kembali naskah dan skenarionya.

Dari alur cerita mungkin sudah banyak yang tahu bagaimana kisah tentang karakter bernama Frankenstein, namun ada yang sedikit berbeda dalam cerita drama horror pada film Victor Frankenstein versi sutradara Paul McGuigan kali ini. Ada karakter pendukung bernama Igor Straussman diperankan oleh Daniel Radcliffe, yang menjadi tokoh pendukung Victor Frankenstein (diperankan oleh James McAvoy) dalam melakukan penelitian tentang kehidupan setelah kematian. Igor Straussman adalah pria yang sejak kecil mengalami kelainan pada punggungnya yang menyebabkan dirinya tidak dapat berdiri tegak pada awalnya dan terjebak menjadi badut serta menjadi bahan ejekan karena kelainan pada tubuh yang dialaminya. Namun nasib menjadi berbeda ketika Igor mulai bertemu dengan Victor Frankenstein.

Victor Frankenstein adalah penyelamat hidup Igor Straussman, mulai dari fisik serta kehidupan baru yang dijalaninya, semuanya berubah 180 derajat lebih baik dari sebelumnya. Igor Straussman sendiri bukan orang bodoh, ketertarikannya dengan hal-hal yang berkaitan dengan anatomi tubuh manusia, merupakan salah satu faktor Victor Frankenstein merekrutnya untuk menjadi rekannya dalam menyelesaikan proyek rahasia yang sedang dia jalankan di kediamannya.

Dari segi cerita sebenarnya bagus di awal-awal film, namun seakan-akan hasilnya mulai melorot sampai puncaknya di akhir film. Kisah tentang dongeng Frankenstein sendiri sebenarnya bisa lebih bagus jika hasil naskah dan skenarionya dapat ditulis lebih baik lagi apalagi ada Max Landis di sini dalam membuatkan naskah filmnya. Dan juga mengingat ada unsur horror yang kental dalam cerita aslinya, namun apa yang terjadi dalam film Victor Frankenstein jauh dari harapan. Yang ada hanya tontonan drama yang lelah dan cukup membosankan antara Victor Frankenstein dengan rekannya Igor Straussman dalam kesehariannya dalam melakukan penelitan. Waktu penampilan akan unsur horrornya pun juga tidak banyak, meski ada, hasilnya juga tidak terlalu memuaskan, sangat sayang sekali sebenarnya.

Hasil paling positif yang dapat diraih pada film Victor Frankenstein ada pada para faktor pemerannya, acting yang dilakukan oleh James McAvoy dan Daniel Radcliffe benar-benar baik. Sangat beruntung ada mereka berdua di film ini yang mungkin dapat sedikit mengobati akan jenuhnya alur cerita yang ditampilkan.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *