Tulus – Monokrom (Album 2016)

Buat akang, teteh, bro en sis semua mungkin udah tau sama salah satu penyanyi Indonesia yang akhir-akhir ini lagi ngetrend banget. Solois yang mempunyai nama lengkap Muhammad Tulus ini akang bilang udah sukses mengguncang musik Indonesia dalam dua tahun terakhir. Dia pun mulai disukai oleh beberapa kritikus dan pengamat musik yang menganggap bahwa musik Indonesia sudah mengalami titik jenuh dengan pola dan romansa lagu yang gitu-gitu aja. Eksplorasi musik yang Tulus lakukan bisa akang bilang sukses dengan menyajikan lagu “Sepatu”. Lagu ini juga mampu mengantarkan ia ke pentas dunia bahkan sampai diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang.

Daaaann, setelah mengawali dengan single berjudul Pamit beberapa bulan lalu, Tulus akhirnya merilis album baru pada Rabu, 3 Agustus 2016 dengan judul Monokrom. Di dua album sebelumnya Tulus (2011) dan Gajah (2014), tampilan covernya adalah foto diri Tulus dengan posisi menyamping. Naaaahh di album Monokrom, penyanyi berbadan cukup tambun ini tetap memainkan ciri khas-nya, which is sampul album dengan foto diri.

Di album Monokrom ini Tulus bikin banyak perubahan pada musikalitasnya. Kalau dibandingkan sama dua album Tulus sebelumnya bisa akang bilang album Monokrom ini album yang paling sedih. Coba aja kalian denger single yang udah lebih dulu rilis yaitu Pamit.

Lagu Pamit ini pun udah memenuhi semua syarat untuk menjadi hit di Indonesia yaitu lagu yang dapat membuat pendengarnya galau, lirik yang dalam dan sayatan orkestra yang menambah melankolia lagu. Di lagu Pamit, Tulus menceritakan sulitnya menjaga hubungan yang dipisahkan jarak dan waktu, sehingga jalan keluar satu satunya adalah dengan pamit, alias menyudahi hubungan itu. sedangkan Ruang Sendiri mengisahkan orang yang jenuh dan tertekan sama suatu hubungan, sehingga butuh space buat sendiri dulu.

Perubahan nuansa lagu ini juga menunjukan kalau Tulus mencoba cara baru dalam melahirkan lagu-lagunya. Selain warna lagu yang beda dari sebelumnya, musikalisasi dalam album Monokrom diperkaya oleh keterlibatan City of Prague Philharmonic Orchestra. Contoh aksi orkestra asal Republik Ceko itu bisa didenger pada lagu Ruang Sendiri. Sentuhan lembut biola dan string instrument yang pas terasa mengisi celah-celah bait lagu. Alunannya pun terdengar merdu dan bikin suasana terasa lebih kalem. Yah, bisa akang bilang kalau Tulus sukses meracik lagu-lagu di album ini dengan baik. Nuansa sedih dalam tiap lagunya jadi terasa berkat dukungan musik yang pas.

Album Monokrom ini berisi 10 lagu, dengan dua single yang mungkin udah bro en sis dengar sebelumnya, “Pamit” dan “Ruang Sendiri”.

1. Manusia Kuat
2. Pamit
3. Ruang Sendiri
4. Tukar Jiwa
5. Tergila – gila
6. Cahaya
7. Langit Abu-abu
8. Mahakarya
9. Lekas
10. Monokrom

Album Monokrom dirilis sendiri melalui Tulus Company, diedarkan oleh Demajors Records.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *