The Shallows (2016)

The ShallowsThe Shallows disutradarai oleh Jaume Collet-Serra, sutradara yang kerap kali mengarahkan film-film dengan genre thriller dan juga beberapa kali bekerja sama dengan aktor Liam Neeson ini memang cukup ahli dalam mengarahkan film dengan genre tersebut, dan salah satu yang paling berkesan dari hasil karyanya adalah film berjudul Orphan yang dirilis pada tahun 2009 lalu. The Shallows sendiri merupakan film yang mengambil tema tentang serangan hiu.

Film mengenai serangan hiu di laut jika Anda cari melalui mesin pencari di internet pasti akan muncul daftar judul film yang banyak, dari yang berjudul aneh sampai yang terkenal sekalipun. Sebut saja judul film yang terkenal seperti Jaws karya sutradara Steven Spielberg dan Deep Blue Sea pastinya akan muncul dalam daftar pencarian tersebut, dan mungkin Jaws adalah film terbaik tentang serangan hiu yang pernah dibuat. Tidak hanya mengandalkan visual effect namun juga dengan sisi cerita dan nuansa thriller yang kuat.

Beruntung The Shallows memiliki penulis naskah bernama Anthony Jaswinski (Vanishing on 7th Street, 2010), yang mampu meracik kisah dalam film ini dengan cukup baik, meski harus jujur film ini tetap belum dapat disandingkan sejajar dengan pendahulunya yaitu Jaws. Dengan mengandalkan bintang utamanya aktris cantik bernama Blake Lively yang berperan sebagai Nancy Adams, Blake Lively juga dapat tampil dengan acting yang cukup baik di film ini, sebagai pemeran utama, ini adalah penampilan kedua terbaiknya setelah film The Age of Adaline (2015).

Bercerita tentang wanita mahasiswa kedokteran bernama Nancy Adams yang sedang mengunjungi sebuah pantai untuk berselancar di sebuah pantai terpencil di Meksiko yang namanya belum diketahui dan lokasi pantai itu sendiri memiliki kenangan akan mendiang ibunya ketika sedang mengandung dirinya dahulu. Dengan kisah awal yang begitu manis serta pengambilan gambar dengan pemandangan pantai dan lautannya yang cantik serta gelombang ombaknya yang dapat menjadi surga bagi para peselancar, merupakan pembuka yang cukup baik menuju ketegangan yang menjadi inti cerita di film ini.

Tidak diketahuinya atau minimnya informasi bahwa di dekat pantai tersebut terdapat predator paling ganas di lautan berupa hiu putih besar yang dapat memangsa sewaktu-waktu, yang justru dapat mengakibatkan nyawa Nancy terancam ketika sedang berselancar. Terjebak di antara batu karang dan pasang surutnya lautan, Nancy Adams seorang diri bertahan hidup menghadapi hiu putih itu dan dengan memanfaatkan ilmu kedokteran yang dia pelajari, Nancy mencoba mengobati luka-luka yang dia alami akibat serangan oleh hiu putih tersebut. Tidak ingin selamanya terjebak di sana hingga menuggu ajal, Nancy mencoba meraih harapan untuk kembali ke daratan dengan cara memanfaatkan benda-benda di sekelilingnya meski nyawa yang menjadi taruhannya, karena jauhnya jarak antara batu karang dengan daratan.

Merupakan eksekusi yang baik dari sutradara Jaume Collet-Serra dan penampilan yang baik juga dari aktris Blake Lively serta dengan dukungan naskah yang tidak kalah bagus, sayangnya nuansa thriller-nya tidak bertahan lama berjalan dengan baik, hanya beberapa saat saja. Namun sebagai film mengenai teror oleh hiu, film ini tetap layak dinikmati dengan baik, jangan bandingkan dengan film abal-abal dengan genre dan tema sejenisnya.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *