Suicide Squad (2016)

Suicide Squad

Suicide Squad merupakan film kedua yang dirilis di tahun 2016 oleh Warner Bros. bekerja sama dengan DC Comics sebagai pemegang hak lisensi karakter pada film ini setelah Batman v Superman : Dawn of Justice terlebih dahulu rilis pada akhir bulan Maret lalu. Film Batman v Superman : Dawn of Justice sendiri disutradarai oleh Zack Snyder dan kini pada film Suicide Squad, Zack kembali hadir namun bukan sebagai sutradara melainkan sebagai produser eksekutif, untuk melengkapi kelanjutan saga dalam DC Extended Universe. David Ayer, yang pada tahun 2014 lalu pernah sukses mengarahkan film Fury, berlatar waktu pada era Perang Dunia kedua, ditunjuk untuk menyutradarai film Suicide Squad.

Kisah dalam Suicide Squad ini berlatar pada waktu setelah peristiwa pertarungan trinity (Superman, Batman, dan Wonder Woman) melawan musuh ciptaan hasil DNA makhluk asal Planet Krypton, yang mengakibatkan kerusakan besar pada 2 kota yang terkenal dalam kisah di DC Comics yaitu Gotham City dan Metropolis. Setelah peristiwa itu kekhawatiran pun mulai menghinggapi dalam tubuh pemerintahan Amerika Serikat terutama pada sektor pertahanan dan keamanan, alih-alih jika ada makhluk atau musuh baru yang dapat meneror  dengan kekuatan besar di luar nalar manusia normal.

Amanda Waller diperankan oleh Viola Davis, seorang wanita yang memiliki ide untuk membentuk tim taktis, dengan tujuan untuk menghadapi kejadian-kejadian yang dapat membahayakan pertahanan dan keamanan negara Amerika Serikat di bawah kawalan divisi A.R.G.U.S. (Advanced Research Group Uniting Super-Humans), dan sekaligus berfungsi untuk membersihkan tangan kotor Amanda Waller dari pekerjaan kotornya. Amanda Waller di film Suicide Squad seperti dalam kisah dalam komik atau film animasinya, bukan merupakan karakter “suci” seperti pemimpin-pemimpin organisasi pemerintahan dalam cerita film pada umumnya. Tim yang dibentuk oleh Amanda Waller memiliki misi khusus yang dinamakan sebagai Task Force X, beranggotakan penjahat-penjahat kelas kakap terpilih yang dimasukkan ke dalam penjara Belle Reve.

Deadshot diperankan oleh Will Smith, adalah penjahat dengan tipe penembak jitu yang tak pernah meleset satu kali pun dalam hidupnya, Harley Quinn (Margot Robbie) adalah tokoh perempuan yang menjadi badut gila dan sangat tergila-gila pada sosok The Joker, memiliki kayu pemukul baseball sebagai senjata utamanya. Captain Boomerang (Jai Courtney), penjahat dengan keahliannya melempar boomerang, El Diablo (Jay Hernandez), dengan kekuatannya yang dapat mengeluarkan api dari dalam tubuhnya, Killer Croc (Adewale Akinnuoye-Agbaje) dengan karakternya yang berwujud seperti buaya dan dapat memakan hidup-hidup segala makhluk yang ada di hadapannya. Slipknot (Adam Beach) merupakan karakter dengan keahliannya menggunakan tali yang juga merupakan senjata utamanya. Lalu ada karakter Enchantress (Cara Delevingne) merupakan seorang wanita bernama asli June Moone yang kerasukan oleh iblis dan yang menjadi pengawas tim Suicide Squad adalah Rick Flag diperankan oleh Joel Kinnaman, dibantu oleh Katana (Karen Fukuhara), perempuan asal Jepang dengan keahliannya memainkan katana yang dapat menyerap jiwa korbannya ke dalam katana.

Bad vs Evil

Seperti yang didengungkan sejak jauh-jauh hari dalam masa promosinya film ini bukan bercerita tentang good vs bad melainkan tentang bad vs evil. Bagaimana sekumpulan penjahat yang ditugaskan oleh salah satu perwakilan divisi di Amerika Serikat untuk menyelesaikan misi, meski kemungkinan besar misi tersebut dapat membahayakan nyawa mereka sendiri untuk melawan musuh yang belum diketahui siapa dan bagaimana kekuatannya, yang diketahui mereka hanyalah dampak porak poranda yang terjadi di Midway City.

Ini pertama kalinya David Ayer mengarahkan film bertemakan fantasi dan diadaptasi berdasarkan karakter dari cerita komik, hasilnya cukup baik meski masih belum terlalu mengesankan, sedangkan untuk alur cerita yang juga ditulis oleh David Ayer, penceritaanya mungkin untuk orang awam atau yang bukan fans DC Comics masih lebih baik daripada film Batman v Superman : Dawn of Justice. Karena penceritaannya per karakter cukup jelas diceritakan, meski ada beberapa karakter yang masih kurang porsinya untuk diceritakan, mengingat durasi waktu pada film Suicide Squad ini masih kurang lama jika untuk menjelaskan lebih secara detail kepada tiap-tiap karakter. Beruntung dengan adanya hasil visual yang mengesankan dengan segala kostum yang dikenakan oleh masing-masing karakter serta efek CGI yang bertebaran hasilnya sangat positif, kostum dan penampilan yang dikenakan oleh Harley Quinn, Deadshot, Katana, dan Killer Croc yang terbaik di film ini.

The Joker memang muncul di film ini dan diperankan oleh Jared Leto, namun akan sangat dini rasanya jika langsung membandingkan dengan sosok Joker era Heath Ledger, dan mungkin juga masih banyak penggemar yang belum bisa move on dari Joker-nya Heath Ledger. Karena porsi penampilan The Joker di Suicide Squad tidak sebanyak seperti di film The Dark Knight besutan Christopher Nolan. Tapi jika menginginkan Joker seperti versi komik, Jared Leto cukup baik memerankannya dan sekilas sangat mirip dengan Joker versi animasinya.

Tentunya jika Anda pernah menonton beberapa trailer Suicide Squad yang beredar di internet. Karakter yang paling menonjol adalah Deadshot dan Harley Quinn. Keduanya diperankan dengan baik terutama Harley Quinn, mungkin saat ini jika ada film yang khusus mengisahkan antara The Joker dan Harley Quinn hasilnya akan sangat baik. Margot Robbie di film ini identik sekali penampilannya dengan Harley Quinn, dari cara bicaranya dan tingkah laku genitnya, serta untuk Jared Leto, sudah tidak ada keraguan pada aktingnya memerankan The Joker. Sayangnya Will Smith adalah Will Smith, meski harus memerankan Deadshot, karakter Will Smith dalam memainkan perannya sebagai Deadshot seperti belum lepas layaknya film-film jagoan yang pernah diperankan oleh Will Smith sebelumnya.

Dari sisi action sangat baik, penampilan dan porsi per karakter dalam unjuk gigi kebolehan masing-masing juga ditampilkan dengan baik, terutama adegan El Diablo, Deadshot, dan Harley Quinn ketika dalam bertarung sendirian, hasilnya mengesankan, ya El Diablo penampilannya sangat mencuri perhatian dengan kekuatan apinya. Plus film scoring dan soundtrack yang bagus beberapa kali mengiringi cerita di dalam film, sangat asyik didengar. Secara total hasilnya tidak terlalu mengecewakan, namun sayangnya tidak terlalu berkesan.

Share this :
Comments
  1. bent
    • ariesre

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *