Rumah Aman Walau Ditinggal Mudik

krl2sah

Mendengar kata ramadhan biasanya sebentar lagi identik dengan pulang kampung atau mudik, nah kebiasaan orang indonesia memang setiap hari raya idul fitri pasti mudik ke kampungnya masing-masing yang biasanya kota jakarta padat dengan aktivitasnya tiada henti ketika lebaran jalanan lancar karena kebanyakan orang yang tinggal di jakarta dan sekitarnya pulang kampung alias mudik

nah ada beberapa tips yang mungkin bisa kalian ikuti 😀 ketika mudik dan meninggalkan rumah dengan keadaan kosong, dan tidak perlu khawatir dengan keadaan rumah yang di tinggal..

  1. Pastikan rumah jendela pintu benar-benar terkunci dengan rapat. jangan sampe lupa mengunci pintu yak.. kalo lupa  malingnya gak perlu kerja keras membobol pintu rumah kalian hehe..
  2. Pastikan juga seperti listrik, kompor atau gas dalam keadaan aman, seperti listrik-listrik yang tidak terpakai di cabut khawatir ada konsleting, pastiin juga keran air di dalam rumah sudah di matikan jgn sampe kran air masih menyala sudah di tinggal pulang kampung alhasil nanti bayarnya mahal 😀 .
  3. lebih baik lampu depan halaman saja yang di nyalakan untuk lampu kamar-kamar lebih baik di matikan, Belilah lampu otomatis untuk ruang tamu dan teras Anda yang bisa menyesuaikan bila gelap akan menyala dan terang bisa meredup sendiri. ini menjaga-jaga agar pencuri tidak mencurigai rumah kita kosong ketika siang lampu masih menyala.
  4. Bila Anda tinggal komplek perumahan yang memiliki satpam, Anda bisa meminta satpam untuk rutin mengecek rumah Anda setiap malam, sekedar lewat untuk memastikan bahwa rumah Anda aman. jangan lupa kasih uang rokok biar semangat kerjanya dan pak satpam ada rasa tanggug jawab 😀 .
  5. Ini penting Jangan biarkan barang berharga seperti uang, perhiasan dan lainnya diletakkan di lemari. Sebaiknya barang berharga kamu simpan di bank atau lemari besi (kalo punya).
  6. Pasang kamera CCTV, nah ini penting juga nih, tapi kalo terbentur dengan kondisi keuangan ada kok kamera pengawas mainan yang dibuat mirip dengan kamera pengawas aslinya baik bentuk fisiknya harganya jg murah kalo gak salah sekitar 30 ribuan heheh     dipasang di teras depan ini benar-benar nyaris sama dengan cctv benaran dan ini bisa bikin maling minimal ciut heheh.559842_ca4d7610-00ba-11e1-94f2-422031380690
  7. Pasang alarm untuk mencegah pencuri masuk, lagi lagi ini memang perlu modal sih.. yang kalo mau menjaga aman yah memang harus perlu pengorbanan namanya saja menjaga-jaga.
  8. Titipkan kunci ke tetangga yang memang tidak mudik, tetangga depan atau samping kanan kiri dan meminta tolong agar jg mengawasi rumah kalian kalo ada hal hal yang mencurigakan, (jgn lupa tetanggnya kasih oleh-oleh yah setelah pulang kampung) 😀 .
  9.  kalo kalian punya binatang peliharaan seperti kucing, anjing burung dll lebih baik di titipkan ke penitipan binatang

Dengan melakukan tips atau cara diatas  keamanan rumah Anda mudah-mudahan terjaga, namun rasa khawatir tentu saja akan tetap ada.

Selamat mudik dan hati-hati di jalan!  jngn lupa berdoa dan sungkem sama keluarga dirumah 😀

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *