The Purge (2013) – Review

Ide cerita yang dituangkan pada film The Purge bisa dibilang nyeleneh, konsep ceritanya merupakan acara pesta tahunan yang terjadi di Amerika Serikat, yaitu acara “pembersihan”. Ya acara pembersihan yang dimaksud di film ini adalah pembersihan manusia dengan cara melegalkan pembunuhan selama 12 jam dari jam 7 malam hingga jam 7 pagi. Awal tujuannya untuk membersihkan penyakit manusia berupa kemiskinan untuk menstabilkan ekonomi dan bahan pangan dengan cara mengurangi populasi masyarakat, edan.

Disutradari oleh James DeMonaco dan dibintangi oleh Ethan Hawke, yang berperan sebagai James Sandin, kepala keluarga Sandin. Pengusaha security system yang digunakan untuk melindungi pertahanan area rumah ketika terjadi the purge. Hasil penjualan yang dikembangkan oleh James Sandin tersebut bisa dibilang sangat berhasil, bahkan di lingkungan rumah tempat keluarga Sandin tinggal, hampir semuanya menggunakan jasa security system tersebut.

Ketika bel sebagai tandanya acara pembersihan dimulai security system yang terdapat di area rumah mereka mulai aktif, namun tak disangka kekasih dari sang putri James Sandin berhasil menyelinap masuk dengan tujuan berbicara kepada James untuk merestui hubungannnya dengan sang putri James, Zoey. Dan kejadian tak terduga lainnya adalah berhasil masuknya seorang tunawisma yang dikejar-kejar oleh sekelompok pemuda yang ikut dalam aksi pembersihan berkat pertolongan putra James Sandin yang bernama Charlie.

Nasib baik tidak terjadi pada keluarga Sandin, meskipun awal tujuannya dengan adanya sistem keamanan yang mereka miliki dapat mempertahankan diri keluarga mereka, ternyata hasilnya meleset. Diawali dengan usaha penembakan oleh kekasih Zoey terhadap James, berlanjut  ke peristiwa pengejaran sekelompok pemuda yang berusaha untuk masuk ke rumah untuk mendapatkan tunawisma yang bersembunyi di rumah keluarga James.

the purge

Sekelompok pemuda yang ikut dalam aksi pembersihan

Kejadian saling membunuh pun tak dapat dihindari dengan berhasil masuknya sekelompok pemuda tersebut ke dalam rumah. Mungkin bagi Anda yang tak biasa menonton film ala gore tidak akan cocok untuk Anda menonton film ini, tetapi porsi berdarah-darahnya pun tidak terlalu banyak bagi saya, masih belum seberapa. Sangat disayangkan cerita awal dan cerita akhir pada film ini tidak terlalu baik eksekusinya menurut saya, hanya menarik di tengah cerita.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *