Psycho (1960)

psycho

Psycho adalah salah satu mahakarya sutradara berkebangsaan asal Inggris yang terkenal dan berjaya dengan film-film bergenre thriller, yaitu Alfred Hitchcock, tak heran jika ia disematkan dengan gelar “The Master of Suspense”. Alfred Hitchcock sendiri memulai awal karirnya dengan silent movie pada era tahun 1920-an dan telah menyutradarai sekitar lebih dari 50-an film dalam sepanjang karirnya. Dan beberapa kali dinominasikan dalam ajang penghargaan sebesar Academy Awards.

Diadaptasi dari kisah dalam novel berjudul sama, yakni Psycho, karya penulis Robert Bloch, dan ditulis ulang oleh Joseph Stefano dalam bentuk naskah film. Alfred Hitchcock pun mengeksekusinya dengan sangat baik ke dalam bentuk format film hitam putih. Pernah dibuat sekuelnya berjudul Psycho II pada tahun 1983 dan Psycho III pada tahun 1986, tetap saja hasilnya belum bisa menyamai Psycho versi sutradara Alfred Hitchcock, selain itu juga pernah dibuat dalam bentuk serial tv berjudul Bates Motel.

Film Psycho ini dibintangi oleh Anthony Perkins sebagai Norman Bates, Janet Leigh sebagai Marion Crane, dan Vera Miles sebagai adik dari Marion Crane, Lila Crane. Berawal dari cerita mengenai seorang sekretaris wanita bernama Marion Crane yang bekerja pada sebuah perusahaan property, suatu hari dia dititipkan uang sebanyak $40.000 oleh client bossnya, dan berharap untuk segera didepositkan di bank. Namun tak sesuai harapan sang boss, Marion Crane pun membawa pergi uang tersebut untuk kabur.

Jenuhnya perjalanan jauh yang ditempuh oleh Marion, hingga dia tak kuasa menahan lelahnya, dan berhenti pada sebuah motel bernama Bates Motel untuk beristirahat sebelum melanjutkan kembali perjalanannya. Dan Marion pun memulai perkenalannya dengan seorang pemuda pemilik motel tersebut yang bernama Norman Bates. Di sebelah motel itu terdapat rumah besar, yang hanya dihuni oleh Norman Bates dan ibunya, tinggal hanya berdua selama bertahun-tahun sembari menjalankan bisnis motel yang mereka miliki.

Hingga akhirnya kejadian yang terkenal di film Psycho pada adegan di kamar mandi pun terjadi, misteri demi misteri pun mulai bermunculan, sampai melibatkan detektif swasta dan kekasih gelapnya Sam Loomis (diperankan oleh John Gavin) beserta adik Marion, Lila Crane untuk menyelidiki peristiwa yang terjadi di Bates Motel. Seperti ciri khas film-film karya Alfred Hitchcock dengan psychological thriller-nya, film drama thriller Pscyho ini sangat sukses menunjukkan sisi dengan genre psychological thriller, dan mungkin film ini merupakan cikal bakal dengan genre psychological thriller di era-era selanjutnya.

Meski dengan wujud hitam putih, tidak terlalu buruk hasil visual pada zaman itu, ditambah dengan acting yang sangat baik oleh Anthony Perkins dan Janet Leigh ditunjukkan di sini.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *