Postingan Jalan-Jalan : Candi Sewu

Candi SewuMelanjutkan perjalanan dengan menggunakan kereta mini yang berada di kawasan wisata Candi Prambanan, pada tulisan kali ini saya akan bercerita tentang lanjutan jalan-jalan ke Candi Sewu, setelah sebelumnya saya menulis tentang Candi Lumbung yang seharusnya adalah tujuan candi terakhir setelah Candi Sewu dan Candi Bubrah. Sayangnya dengan kereta mini tersebut hanya di Candi Sewu saja yang diberi kesempatan untuk berhenti dan singgah sebentar untuk melihat-lihat lebih jelas ke dalam area candi, mungkin karena saat itu di Candi Lumbung dan Candi Bubrah sedang dalam proses pemugaran dan ditutup untuk masuk ke dalam area candi, sehingga hanya dapat melihat dari luar area pagar saja.

Dan mungkin karena di Candi Sewu merupakan candi yang paling terkenal atau sudah sering didengar keberadaannya dibandingkan 2 candi lainnya (Candi Lumbung dan Candi Bubrah), sehingga wisatawan dapat diperbolehkan untuk masuk meski masih terdapat proses pengerjaan perbaikan candi di beberapa sisi. Meski tak terlalu lama ketika singgah di sana, namun cukup untuk mengabadikan beberapa gambar ketika di sana. Dengan berjalan kaki dari area Candi Prambanan berada sebenarnya juga dapat dilakukan, tapi mengingat saya mengajak anak kecil dan teriknya panas matahari sekaligus untuk mempersingkat waktu akhirnya menggunakan jasa kereta mini tersebut ha ha.

Lokasinya berada di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Merupakan candi dengan corak agama Budha. Cukup menarik menurut saya karena Candi Prambanan yang berada beberapa ratus meter dari sana memiliki latar belakang agama Hindu, keharmonisan antar umat beragama telah terjalin sejak lama secara berdampingan, sungguh indah memang, masyarakat kini dapat melihat hasil peninggalan atau jejak-jejaknya.

Candi Sewu sendiri erat dengan kisah legendaris Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso, yakni tentang permintaan Roro Jonggrang kepada Bandung Bondowoso untuk dapat membangun seribu candi dalam satu malam jika ingin menyunting dirinya. Namun apa yang terdapat di Candi Sewu ini ternyata tidak sesuai berjumlah seribu candi. Menurut info yang saya baca di sana area di Candi Sewu terdiri dari 249 candi, 1 candi induk, empat pasang Candi Apit, dan 240 Candi Perwara. Meski masih banyak candi perwara yang berupa reruntuhan dan belum selesai dipugar, tidak menutup kemegahan akan Candi Sewu ini, plus merupakan candi Budha terbesar kedua setelah Candi Borobudur yang terkenal itu.

Share this :
Comments
  1. paket wisata dieng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *