Pengurusan Perpanjangan STNK 5 Tahun (2017)

Perpanjangan STNKMelanjutkan postingan dari rekan crustacea iris tentang Biaya PengurusanTahunan STNK 2017, pada tulisan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang pengalaman saya mengurus perpanjangan pajak STNK 5 Tahun tepatnya dua minggu yang lalu. Beruntung waktu itu cuaca masih cerah, tidak seperti beberapa hari ini yang sering diguyur hujan terutama di daerah Bekasi. Oleh karena hal itu perjalanan saya ke Samsat Bekasi tidak terlalu terhambat, waktu itu tepat hari Sabtu dan waktunya hari libur untuk para pegawai pada umumnya, makanya meski berangkat sejak pagi suasana di kantor Samsat Bekasi Kota sudah ramai oleh para wajib pajak.

Karena urusan saya untuk membayar perpanjangan STNK lima tahun serta mengganti plat nomor, saya harus melakukan cek fisik terlebih dahulu, untuk mengecek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan sebelum melakukan proses pembayaran. Oh ya, kendaraan beroda dua yang saya urus ini milik paman saya, yaitu motor Honda Supra X keluaran tahun 2002, motor legenda buatan Honda yang cukup laris di masanya dan sampai saat ini masih tetap strong untuk dikendarai, he he.

Untuk mengurus perpanjangan STNK harap disiapkan berkas-berkas yang asli beserta fotocopy-nya sebanyak 1 kali seperti BPKB, STNK, dan KTP. Meski keadaan ketika itu sudah ramai, tetap harus bersabar dan selalu budayakan mengantri. Ketika selesai melakukan cek fisik pada kendaraan bermotor, saya diberi formulir oleh petugas beserta dua tanda hasil cek fisik yang telah ditempel di atas formulir tadi. Setelah itu formulir tersebut harus diisi sesuai dengan data yang ada di STNK atau BPKB, kemudian wajib disusun rapi dan disatukan dengan berkas-berkasi asli STNK, KTP beserta fotokopinya dan juga fotokopi BPKB. Untuk BPKB yang asli tetap harus dijaga dan disimpan baik-baik karena nantinya akan digunakan untuk menunjukkan keaslian berkas pemilik. Selanjutnya formulir beserta berkas yang telah digabungkan, diserahkan ke loket Cek Fisik untuk mendapatkan cap atau tanda telah lulus cek fisik kendaraan bermotor.

Setelah mendapatkan kembali formulir yang saya serahkan, lanjut ke lantai atas di gedung utama Samsat Bekasi Kota bagian pengurusan STNK kendaraan beroda dua dan tiga. Seperti dugaan saya keadaan di sana lebih ramai dan kesabaran saya harus diuji lebih lagi, ha ha. Oh iya satu lagi, sebelum tandang ke lantai atas harus mengisi formulir lagi layaknya mengurus pajak tahunan serta cek kevalidan bahwa berkas-berkasnya sudah lengkap berikut tanda capnya dan baru bisa diserahkan ke loket khusus perpanjangan STNK 5 tahun.

Ketika menunggu kasir memanggil nama paman saya, cukup khawatir juga berapa biaya pengurusan yang harus saya bayar mengingat sebelumnya beredar kabar bahwa pengurusan biaya STNK akan naik. Tetapi hasilnya ternyata tidak jauh berbeda dengan biaya STNK pada tahun lalu, kali ini hanya menambah biaya seratus ribu rupiah untuk Biaya Adm. STNK karena perpanjangan STNK 5 tahun. Dan untuk proses pembuatan plat nomor yang baru juga tidak terlalu lama, setelah saya mendapatkan penggantian STNK yang baru dan menyerahkan ke loket untuk mencetak plat nomor, waktunya sekitar 5 sampai 7 menit saja.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *