Now You See Me 2 (2016)

Now You See Me 2Now You See Me 2 merupakan lanjutan cerita dari film pertamanya yang rilis pada tahun 2013 lalu, sebuah film chrime thriller yang penuh dengan tipu daya sulap di dalam ceritanya. Sedikit mengingat kembali di mana pada film pertamanya, kelompok protagonis yang menamakan dirinya sebagai The Four Horsemen yang beranggotakan Daniel Atlas (diperankan oleh Jesse Eisenberg), Merritt McKinney (Woody Harrelson), Henley Reeves (Isla Fisher), dan Jack Wilder (Dave Franco) berhasil membongkar kasus besar dan menjebloskan lawannya ketika itu Thaddeus Bradley (Morgan Freeman) ke dalam penjara. The Four Horsemen sendiri dalam menjalankan aksi-aksinya bukan secara sembarangan, dengan tetap mengikuti arahan dari junjungannya yang disebut sebagai The Eye, yang keberadaannya sendiri masih berupa misteri, keempat anggotanya juga selalu memiliki rencana yang sangat apik dan rapih dalam menuntaskan misinya, tentunya dengan bantuan mereka dengan keahlian masing-masing menggunakan trik-trik sulap. Tidak hanya itu aksi The Four Horsemen tersebut juga turut mengundang perhatian FBI yang diwakili oleh seorang agen bernama Dylan Rhodes (Mark Ruffalo) karena aksi dalam pencurian uang di bank.

Jika sebelumnya kursi sutradara diisi oleh Louis Leterrier, pada sekuelnya kali ini posisi sutradara dipercayakan kepada Jon M. Chu, yang terkenal lewat film Step Up 2: The Streets (2008) dan G.I. Joe: Retaliation (2013). Sedangkan untuk penulis naskah ada duet Ed Solomon (Men in Black, 1997) dan Peter Chiarelli (The Proposal, 2009). Jika dibandingkan dengan film pertamanya, justru lebih baik yang seri pendahulunya. Terutama dari segi ceritanya, tidak banyak cerita yang berkembang hanya ditambahkan dengan sedikit kejutan pada beberapa bagian cerita yang kadang seperti memaksakan demi lancarnya film ini demi sebuah waralaba baru, yang rumornya untuk seri ketiganya sedang dipersiapkan.

Pada kisah seri keduanya kali ini, karakter Henley Reeves telah digantikan dengan tokoh Lula yang diperankan oleh Lizzy Caplan, untuk melengkapi empat anggota dalam kelompok The Four Horsemen. Ditambah dengan terkuaknya identitas asli salah satu agen yang bekerja untuk FBI, Dylan Rhodes sebagai salah satu anggota The Eye yang kini terjun langsung di lapangan dalam membantu perencaan misi, tentunya terdapat secercah harapan supaya misi mereka dapat berjalan dengan sempurna. Namun jika seperti itu tentu tidak menarik dari sisi cerita karena tidak ada konflik di dalamnya, sosok antagonis bernama Walter Mabry lah yang menjadi kunci permasalahan dalam kisah Now You See Me 2 ini dan menjadi penghalang dalam misi tersembunyi oleh The Horsemen, Walter Mabry diperankan oleh aktor yang terkenal melalui karakternya bernama Harry Potter, Daniel Radcliffe.

Mirip dengan kisah dalam film Jason Bourne, ketika isu mengenai peretasan rahasia negara dan pribadi warganya menjadi topik hangat untuk diperbincangkan sejak kasus Snowden merebak. Melalui jaringan sosial bernama Octa, yang di dalam programnya terdapat kedok untuk menjaring rahasia-rahasia pribadi penggunanya yang rencananya akan diungkap oleh kelompok The Horsemen. Menjadi masalah ketika Walter Mabry juga mengincar program tersebut ditambah dengan dendam pribadinya dengan The Horsemen terkait dengan kasus di film pertama Now You See Me.

Keunggulan utama dari Now You See Me 2 ini tak lain dari sisi visualnya dan dengan segala trik serta tipu daya ilusi yang dilakukan oleh para illusionist dalam setiap aksi-aksinya. Tentunya akan menjadi pekerjaan rumah yang tidak mudah untuk para penulis ceritanya jika kisah para illusionist akan tetap dilanjutkan, meski secara keseluruhan pada film keduanya ini tidak terlalu mengecewakan dan masih tetap dapat menghibur.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *