Menu Sarapan Pagi Gudangan dan Sup Matahari

Sarapan Pagi GudanganAda yang menarik dari nama salah satu makanan khas Jawa Tengah ketika saya berada di kota Klaten, yaitu Gudangan. Menjadi menu makanan favorit saya ketika sarapan pagi, mungkin jika tinggal di daerah sekitar Jabodetabek, nasi uduk merupakan salah satu nama makanan khas  di Jakarta dan sekitarnya yang telah menjadi ikon sarapan pagi dan banyak penjual yang menjajakan nasi uduk tersebut beserta dengan gorengannya sebagai menu tambahan ketika pagi hari.

Seperti nasi uduk, di Klaten salah satu menu sarapan tradisional yang banyak dijual oleh penjaja makanan di pagi hari adalah gudangan. Gudangan adalah makanan yang berisi sayuran yang telah direbus dengan tambahan bumbu yang berasal dari kacang kedelai serta parutan kelapa. Bumbu yang ada pada gudangan inilah yang membuat cita rasanya semakin enak, rasa gurih dan pedas terasa menyatu di lidah.

Untuk mengenai harga, gudangan sangatlah terjangkau dengan harganya sekitar dua ribu sampai tiga ribu rupiah saja per porsinya. Dan rasanya semakin nikmat jika ditemani dengan gorengan seperti bakwan atau tempe, serta minumnya dengan teh manis hangat.

Selain gudangan, ada menu makanan lain yang juga unik di Klaten namanya adalah sup matahari atau sup bunga matahari. Dari namanya sebenarnya tidak ada hubungannya dengan bunga matahari, hanya dari bentuk makanannya saja yang menyerupai. Ukurannya yang mini sangat cocok untuk anak-anak. Gudangan dan sup matahari ini banyak dijual di tepi jalan dan pasar-pasar tradisional dengan harganya yang tidak mahal untuk sarapan pagi.

Sup MatahariSup matahari, dengan kuah sup yang berisi kaldu serta telur dadar yang telah dibentuk menyerupai bunga matahari, dan di atasnya telah dicampur dengan bakso, wortel, dan sosis. Untuk anak-anak sangatlah cocok, apalagi dengan bentuknya yang unik itu, yang dapat menarik perhatian anak kecil untuk mau menyantapnya.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *