Memilih Menu Makanan Sehat Untuk Sahur Dan Berbuka Puasa

 

buka puasa kurma

Nah.. sobat yang menjalankan ibadah puasa bulan juni 2016 ini sudah memasuki bulan ramadhan, aktivitas yang kita lakukan mungkin agak sedikit berbeda seperti jam kerja dan lain-lain 😀 begitu pula dengan masalah waktu makan sudah tidak bisa lagi makan di siang hari 😀

Berpuasa di bulan Ramadhan memang membutuhkan stamina yang lebih karena seharian harus menahan lapar dan haus di tengah aktivitas yang terus di jalanai Tentu seorang muslim membutuhkan nutrisi atau makanan yang sehat, baik saat sahur maupun saat berbuka puasa. Agar jangan sampai aktivitas berpuasa justru diisi dengan bermalas-malasan bahkan cuman tdur-tduran hehe…   menu makanan di bulan Ramadhan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan di bulan-bulan lainnya. Namun yang terpenting adalah menjaga keseimbangan nutrisi, baik itu berupa cairan maupun jenis makanan yang dikonsumsi di bulan ramadhan karena ini penting buat stamina tubuh.

Makanan Sehat Untuk Sahur

Sahur menjadi salah satu aktivitas mengisi perut di waktu sebelum fajar atau dini hari. Di dalamya tak hanya mampu menguatkan puasa seharian, namun juga terdapat keberkahan.

Adapun makanan sehat yang dianjurkan oleh ahli medis adalah makanan yang lambat untuk dicerna seperti makanan yang mengandung karbohidrat ataupun kaya serat seperti roti gandum, nasi, buah kering atau kacang yang diasinkan. Sementara untuk buahnya bisa menggunakan pisang atau apel.

Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Nah.. Berbuka puasa merupakan waktu yang ditunggu-tunggu nih oleh umat islam yang berpuasa karena kita dapat kembali makan dan minum setelah seharian menahan lapar dan haus.

Banyak yang menyarankan agar berbuka dengan yang manis. Pilihlah buah kurma ataupun minuman yang manis atau teh manis.. Makanan atau minuman manis sumber kalori yang mudah untuk diproses oleh tubuh dengan cepat. Sehingga makanan manis berperan dalam mengembalikan energi dan stamina tubuh yang telah hilang dengan cepat pula. Selain itu rasa manis mampu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Rasa lemas saat berpuasa biasanya terjadi karena turunnya kadar gula dalam tubuh. Meningkatnya kadar gula ini kemudian membantu mengembalikan fungsi metabolisme tubuh kembali normal Setelah beberapa saat, kita pun boleh mengkonsumsi makanan berat dengan pola yang seimbang seperti ada nasi, sayur, lauk dan buah.

Jangan lupa asupan cairan berupa air putih secukupnya

Sementara itu untuk jenis makanan yang perlu dihindari, jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan instant atau kalengan serta makanan  Gorengan Karena tak mengandung nutrisi, Makanan ini justru sarat dengan lemak yang sulit diproses hati. Mereka disimpan jauh sebagai jaringan lemak. Makanan ini bisa menghambat saluran pencernaan

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *