Menambah Jangkauan Wireless Internet Rumah Dengan Router Sekunder

Internet, Indomie Telor Kornet <- ga ada hubungannya :). Ya Internet dewasa ini sangat digandrungi oleh kalayak ramai, sangat melekat pada setiap kegiatan individu manusia. Fenomena ini terjadi karena fungsi dari internet itu sendiri, dimana semua yang kita inginkan dan kita cari ada disitu. Hasil survey singkat rata-rata perhari orang membuka 150kali atau lebih akses internet.

Berdasarkan kebutuhan internet tersebut, kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai bagaimana menambahkan router sekunder untuk menambah jangkauan Internet (ADSL).

  1. Siapkan Router Sekunder, dalam tutorial kali ini saya menggunakan ZTE F660.
  2. Reset router jika sudah pernah diconfig, cari tombol reset nanti bisa pakai jarum pentul atau lidi tekan tahan agak lama.
  3. login ke router, masuk ke dashboard Setting WLAN (SSID)

    menambah router sekunder
  4. Buka Menu Network, pilih menu LAN-> DHCP, masukan LAN IP ADDRESS 192.168.100.2 (ip ini disesuaikan dengan ip router utama, kebetulan punya saya 192.168.100.1). Untuk mengetahui IP router / gateway bisa menggunakan command prompt bawan windows dengan mengetik ipconfig /all. Berikutnya uncheck DHCP Server, karena pada router sekunder tidak memerlukan DHCP (abaikan Start IP & End IP pada gambar). Default Gateway masukan ip router Utama.
    menambah router sekunder
  5. Pada DHCP port Service DHCP mode nya ganti ke default semua.
    menambah router sekunder
  6. Jika sudah langkah 1 s/d 5, colok kabel lan dari roter  utama ke router sekunder.

Semoga berhasil mas / mbak bro :), jika ada kendala yuk diskusi disini.

 

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *