Batman : The Killing Joke – Review

The Killing Joke

Batman : The Killing Joke merupakan salah satu komik legendaris milik DC Comics yang dipublikasikan pada tahun 1988, karya penulis Alan Moore dan diilustrasikan oleh Brian Bolland. Alan Moore juga pernah menghasilkan karya komik lainnya seperti Watchmen, The League of Extraordinary Gentlemen, dan V for Vendetta. Dimana ketiga judul komik tersebut pernah dibuatkan filmnya, Watchmen (2009) disutradarai oleh Zack Snyder yang pada bulan maret lalu, The League of Extraordinary Gentlemen (2003) disutradarai oleh  Stephen Norrington, dan V for Vendetta (2005) disutradarai oleh James McTeigue, dan tentu saja saya juga suka dengan ketiga judul film tersebut.

Kembali ke dalam kisah The Killing Joke, menurut saya komik ini tidak seperti komik-komik lainnya, tidak layak untuk dibaca oleh anak-anak di bawah usia 17 tahun, berdasarkan unsur-unsur grafis dan cerita di dalamnya. Merupakan cerita origin The Joker si badut gila musuh abadi Batman. Dalam cerita ini Joker adalah pemeran utamanya. Diawali dengan kisah Joker sebelum menjadi kriminal gila yang berusaha untuk mencari pekerjaan sebagai komedian, namun sayangnya jalannya tidak terlalu mulus.

Joker

Bergabung dengan geng kriminal hingga dia menjadi The Joker seperti yang hampir semua orang tahu bagaimana wujud penampilannya. Membuat rusuh keadaan, cerita inti masuk ketika Joker masuk ke tempat tinggal keluarga komisaris James Gordon, sahabat Batman sekaligus orang kepercayaan Batman di kepolisian dalam membersihkan kejahatan di kota Gotham. Menembak putri James Gordon, Barbara Gordon, hingga dia lumpuh, kemudian menculik James.

James Gordon dibawa ke tempat karnaval oleh Joker, menyerang pikirannya secara psikologis berharap James Gordon melanggar aturan-aturannya yang telah ia terapkan dan pegang teguh selama ini dan juga berharap James Gordon menjadi gila seperti yang ia lakukan terhadap Jaksa Harvey Dent di dalam film The Dark Knight, hingga Dent menjadi kriminal bernama Two Face. Tetapi komisaris Gordon tidak menyerah, dia tetap mempertahankan kewarasannya, dan dengan bantuan kedatangan Batman, James Gordon pun selamat.

Di komik ini ada hal yang menarik ketika Batman tertawa bersama mendengar lelucon Joker, dan mungkin lelucon tersebut adalah lelucon  terakhir yang didengar oleh Batman dari Joker.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *