Justice League Dark (2017)

Justice League DarkJustice League Dark, jika menurut Anda istilah tersebut merupakan nama kelompok superhero rilisan DC Comics yang dihuni oleh Superman, Wonder Woman, The Flash, Aquaman, Cyborg, dan Batman, jawabannya salah, masih berkaitan memang tapi Justice League Dark merupakan kelompok superhero yang khusus menangani musuh-musuh yang memiliki teknik ilmu sihir dan sangat berhubungan dengan hal-hal supranatural, tidak heran jika musuh-musuh yang dihadapi oleh mereka seperti makhluk-makhluk asal neraka sekalipun.

Ketua kelompoknya sendiri merupakan tokoh fiksi bernama John Constantine, ya cerita tokoh rekaan Constantine sendiri pernah diadaptasi ke layar lebar pada tahun 2005 lalu yang diperankan oleh aktor Keanu Reeves. Sayang filmnya masih jauh dari harapan saya yang dapat menampilkan Constantine yang perangainya cukup slengean dan juga licik terhadap lawan maupun kawan sendiri namun sangat ahli dalam merapalkan mantra-mantra sihir. Justice League Dark sendiri masih satu universe dengan dunia Justice League (prime) berada, mengingat betapa luasnya cerita dunia atau alam semesta yang berada di cerita fiksi milik DC Comics, tidak melulu makhluk-makhluk super asal luar angkasa yang mereka hadapi.

Kembali ke kisah Justice League Dark yang disutradarai oleh Jay Oliva, seorang sutradara yang telah beberapa kali menangani film-film animasi Batman dan Justice League, tentunya tidak diragukan lagi kemampuannya dalam menahkodai film ini. Ditambah dari sisi cerita ada penulis kepercayaan Warner Bross Animation yaitu J.M. DeMatteis dan Ernie Altbacker, yang di luar dugaan dapat memenuhi harapan saya akan film animasi Justice League Dark ini.

Kisahnya bermula dari kekacauan yang terjadi di lingkungan warga dan menyerang hampir di setiap kota, dimana kekacauan tersebut membuat warga dengan segala keanehan tiba-tiba saling menyerang tanpa disadari. Meski kelompok superhero Justice League turun tangan dalam menghadapi kasus yang aneh tersebut hanya jalan buntu yang mereka dapat ketika mencari penyebabnya. Hingga Batman mendapatkan petunjuk untuk mendatangi tokoh yang terkenal dengan ilmu sihirnya yang bernama John Constantine.

Dengan bantuan Deadman atau Boston Brand nama aslinya, ahli sirkus yang telah meninggal namun rohnya terus gentayangan serta bersama tokoh wanita bernama Zatanna, sama seperti Constantine, Zatanna juga merupakan ahli sihir yang sangat andal dengan mantra-mantranya. Mereka bersama-sama mencari serta mengumpulkan puzzle apa dan siapa penyebab dari akar permasalahan yang terjadi. Di film ini juga banyak tokoh-tokoh fiksi yang sering dijumpai di komik Justice League Dark, seperti Etrigan atau Jason Blood, Felix Faust, Swamp Thing, dan Abnegazar.

Masih dengan ciri khas cerita yang kelam dan juga beberapa kali memiliki kejutan yang menarik di dalamnya semakin menambah akan serunya kisah Justice League Dark ini, yang dapat dikatakan film ini juga merupakan awal bagaimana Justice League Dark terbentuk. Peran Batman di sini juga bukan berarti hanya cameo yang numpang lewat saja, dengan keahlian detektifnya dia juga turut membantu para superhero pemilik teknik sihir itu menyelesaikan masalah yang terjadi. Meski berupa film animasi, film ini termasuk kategori dalam film dewasa mengingat beberapa hal yang belum cukup untuk dilihat dan didengar oleh anak-anak.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *