The Jungle Book (2016)

The Jungle BookSudah banyak kisah adaptasi yang diambil dari cerita dalam buku serial anak-anak yang berjudul The Jungle Book karya penulis asal Inggris Rudyard Kipling yang pertama kali dipublikasikan pada tahun 1894, baik ke dalam cerita buku, animasi, dan bahkan dalam bentuk live action pada film, seperti yang dibuat oleh rumah produksi Walt Disney dan dirilis ke layar lebar pada bulan April 2016 lalu. Disutradarai oleh Jon Favreau, sutradara yang terkenal lewat film trilogi Iron Man dan ditemani oleh penulis naskah Justin Marks.

The Jungle Book memang telah dibuka untuk publik atau biasa dikenal dengan istilah public domain. Karena selain rumah produksi Walt Disney, ada rumah produksi lain seperti Warner Bros. yang juga turut membuat kisah The Jungle Book ini, jika sesuai target, Warner Bros. rencananya akan merilis film dengan judul Jungle Book pada tahun 2018 mendatang dengan bantuan sutradara asal Inggris, Andy Serkis.

Kembali ke kisah The Jungle Book versi sutradara Jon Favreau, yang bintang utamanya diperankan oleh aktor berusia dua belas tahun berdarah Indian-American, Neel Sethi. Berperan sebagai Mowgli, seorang anak yang sejak kecil tinggal di hutan bersama kawanan serigala dan seekor panther bernama Bagheera yang pengisi suaranya diisi oleh aktor Ben Kingsley. Sejak awal film telah diperlihatkan bagaimana arti persahabatan dan kekeluargaan antara anak manusia yang masih kecil dengan hewan-hewan buas yang tinggal di hutan bahkan dapat hidup secara berdampingan, yang mungkin dalam kehidupan nyata hal tersebut cukup sulit diwujudkan. Okay The Jungle Book mungkin hanya cerita fiksi atau dongeng untuk anak-anak pada mulanya, tetapi cerita adaptasi yang disuguhkan oleh sang sutradara Jon Favreau serta penulis Justin Marks sangat menyentuh dan berkesan.

Jon Favreau memiliki andil besar dalam kesuksesannya melakukan visualisasi hasil naskah milik Justin Marks  yang sebenarnya cukup sederhana ke dalam live action. Tentu dengan pengalamannya menangani film action sekelas Iron Man yang penuh dengan visual effect bukan hal sulit baginya dalam membuat The Jungle Book, bagaimana dia menampilkan hewan-hewan yang dapat berbicara dan lingkungan hutannya dalam bentuk CGI, salah satu yang paling menarik adalah wujud kuil besar dan unik yang dihuni oleh  seekor kera besar bernama King Louie yang dibantu oleh Christopher Walken sebagai pengisi suaranya.

Neel Sethi pun tampil dengan baik dalam memainkan karakternya. Ekspresi marah, riang, dan tingkah lucunya terutama ketika bermain dengan seekor beruang madu bernama Baloo (Bill Murray) sangat apik dan cocok dalam memerankan Mowgli. Bahkan acting sedih dan keraguan yang ditampilkan oleh Neel Sethi terasa seperti asli. Salah satu adegan paling menyentuh pada tokoh Mowgli ketika dia harus meninggalkan kelompoknya karena terdapat teror oleh tokoh antagonis bernama Shere Khan (Idris Elba), seekor harimau, binatang paling buas yang tak suka dengan keberadaan manusia di hutan. Selain itu ada poin positif lainnya dari film The Jungle Book ini, yaitu music score-nya, sangat bagus didengar dalam mengiringi petualangan Mowgli.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *