Jason Bourne (2016)

Jason BourneJason Bourne merupakan tokoh rekaan karya novelis asal Amerika Serikat bernama Robert Ludlum, yang ceritanya diadaptasi ke dalam film live action pertama kali pada tahun 2002 dengan judul The Bourne Identity, kemudian dilanjutkan dengan film keduanya The Bourne Supremacy (2004), dan mungkin puncaknya adalah The Bourne Ultimatum (2007), dengan sedikit mengesampingkan kisah dari spin-off Jason Bourne pada film The Bourne Legacy (2012). Jason Bourne sendiri diperankan oleh aktor Matt Damon, dan semenjak film pertamanya dirilis karakter Jason Bourne telah melekat pada dirinya.

Setelah tidak tampil pada film The Bourne Legacy, Matt Damon kembali hadir sebagai Jason Bourne pada film dengan judul Jason Bourne pada pertengahan tahun 2016. Dan kerjasamanya dengan sutradara Paul Greengrass pun berlanjut di film ini, Paul Greengrass sendiri merupakan sutradara pada dua film Bourne sebelumnya, yakni The Bourne Supremacy dan The Bourne Ultimatum. Selain sebagai sutradara, Paul Greengrass juga merangkap sebagai penulis naskah bersama Christopher Rouse, dimana pada film The Bourne Ultimatum Christopher Rouse bertugas sebagai editor yang membuahkan hasilnya pada ajang penghargaan Academy Awards di tahun 2008 untuk nominasi Best Achievement in Film Editing.

Pada film sebelumnya di The Bourne Ultimatum, operasi rahasia buatan CIA bernama Operation Blackbriar dan Operation Treadstone yang melibatkan tokoh-tokoh penting dan banyaknya agen yang hilang telah dibongkar habis-habisan oleh Jason Bourne, hasil dari kerja samanya dengan rekannya yang juga pernah bekerja untuk CIA, Nicky Parsons. Operation Treadstone merupakan program yang menyebabkan Jason Bourne menjadi hilang ingatan dan dijadikan mesin pembunuh oleh CIA dengan tujuan untuk mengamankan negara dari segala ancaman yang berbahaya. Rencana CIA untuk kembali melumpuhkan Jason Bourne beserta orang-orang yang berhubungan dengannya pun kembali bergulir. Bermula dari berhasilnya data-data Black Operations diretas oleh Nicky Parsons dan mengetahui jati diri David Webb atau Jason Bourne sebenarnya, dan salah satu program yang di dalamnya adalah bernama Iron Hand.

Iron Hand sendiri merupakan program rahasia yang belum diaktifkan dan dicetuskan oleh salah satu petinggi di CIA bernama Robert Dewey (diperankan oleh Tommy Lee Jones), dimana program tersebut bekerja sama dengan salah satu media sosial besar bernama Deep Dream, dengan tujuan untuk mendapatkan akses ke privasi dan semua informasi dari setiap penggunanya. Salah satu karakter penting di film ini adalah Heather Lee, seorang kepala divisi Cyber Ops di CIA dan pemimpin operasi dalam perburuan Jason Bourne. Dalam aksinya beberapa kali dia berhadapan langsung dengan Jason Bourne yang namanya sudah terkenal di CIA sebagai pengkhianat. Heather Lee diperankan oleh aktris Alicia Vikander, aktris yang sempat memikat dalam aktingnya pada film Ex Machina di tahun 2015 lalu, dengan karakternya yang masih misteri di film ini, Alicia Vikander dapat memerankan karakter barunya dalam saga film Jason Bourne ini dengan baik ditambah dengan karakternya yang masih begitu misteri.

Dari sisi cerita tidak banyak hal yang baru, seakan seperti pengulangan cerita pada film The Bourne Ultimatum, yang seharusnya sudah klimaks mengakhiri trilogi film The Bourne. Namun karena kesuksesan waralaba trilogi The Bourne lah yang membuat film tentang Jason Bourne ini kembali dibuat. Bahkan Matt Damon dan Paul Greengrass pun seperti dibangkitkan kembali untuk mendongkrak pamor film ini, setelah terjadinya banyak kekecewaan pada seri sebelumnya di The Bourne Legacy. Meskipun dari sisi cerita tidak begitu banyak berkembang, tetap tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran Matt Damon kembali memerankan mantan agen CIA, Jason Bourne, seperti melepas rindu akan aksi-aksinya dalam membongkar rahasia dirinya serta keburukan di dalam tubuh CIA. Terutama adegan saling berburunya yang penuh trik dan adu kecerdikan serta adegan bertarungnya yang sudah khas dan juga semakin baik.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *