Hati – Hati Kelebihan Bagasi di Jepang! Membuat kantong Anda ngemocek hingga dalam

Saya mau cerita sedikit, tentang perjalanan saya saat pulang dari jepang.
Kebetulan waktu itu  saya tidak menggunakan fasilitas bagasi atau bisa dibilang tidak menambahkan
bagasi tambahan untuk perjalanan pulang dari Jepang ke Indonesia, karena saya pikir bagasi tidak terlalu penting saat itu.

Dan kebetulan teman saya pesan bagasi yang 20 Kilo dengan maskapai tersebut yang tidak menyediakan
bagasi free untuk semua perjalanan, karena saya cari tiket murah 😀 niatnya sih untuk lebih irit untuk perjalanan pulang dari Jepang – Indonesia. Untuk mengakalinya saya nitip sebagian barang di koper teman saya karena masih 17 Kilo kurang 3 Kilo lagi untuk pas jadi 20 Kilo.
Untuk perhitungan 1 orang akan ditimbang 1 Koper yang dia bawa plus tentengan itu maximal 7 Kilo jadi pada saat check in nanti di periksa apakah kelebihan-kah dari 7 Kilo atau tidak, dan saya ada inisiatif buat bungkus tas backpack saya atau biasa disebut wrapping agar tas-nya tidak di buka-buka pada saat di perjalanan ke Indonesia dan dititipkan di bagasi teman saya. Alhasil bagasinya pada saat ditimbang 24.89 Kilo tapi dari pihak maskapainya dibulatkan jadi 24 Kilo, sisanya 4 Kilo yang seharusnya 20 Kilo.

Saya pun terkejut, perhitungan 1 Kilo itu ¥4.000 dan reaksi saya gila mahal sekali untuk 1 Kilo dan saya kelebihan 4 Kilo dan harus saya bayar ¥16.000 kalau di Rupiah-kan bisa 2 juta sekiaan. Mau enggak mau karena sudah di wrapping saya harus bayar kelebihan bagasi keteman saya. Padahal saya sudah akalin untuk pakai baju 4 pcs plus jaket dan celana panjang, saya pakai 2 pcs entah segerah apa ini rasanya pakai baju sebanyak ini karena sudah pusing 2 jt hilang untuk bayar kelebihan bagasi padahal saya sudah perkirakan sebelum ditimbang pasti lebih.

Dan saya mau bayar lebih karena saya check di forum kelebihan bagasi hanya cukup bayar ¥1.000 padahal untuk bagasi sebelum hari-H cuman ¥6000 kalau kita tambah bagasi. Sedikit penyesalan sebanarnya dihati saya karena jauh bangat perbedaannya yang harusnya saya hanya bayar ¥6000 malah harus bayar ¥16.000 , padahal kepengin irit bisa save ¥6000 tapi malah amsyong keluarin ¥16.000
asli rasanya sedih dan campur aduk.

Jadi buat kalian jangan coba untuk tidak pesan bagasi dan kalian harus check atau timbang koper kalian apakah lebih dari 7 Kilo secara di Jepang pasti gatal mata ingin belanja dan belanja. Belum lagi titipan teman atau oleh-oleh. Intinya kita tidak bisa tau atau mengira-ngira berapa yang harus dibayar pada saat kelebihan bagasi, karena setiap negara punya hitungan masing-masing untuk kelebihan bagasi per-Kilo-nya.

Semoga pengalaman amsyong saya tidak di alami teman-teman pada saat berlibur ke Jepang.

Segini aja yak. wkkwkw walau terlalu sedikit semoga aja sampai kepada pembaca..WhatsApp Image 2017-10-10 at 11.15.19 AMi

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *