Hacksaw Ridge (2016)

Hacksaw RidgeHacksaw Ridge merupakan film yang berlatar waktu pada era Perang Dunia kedua, lebih tepatnya ketika penyerbuan tentara Amerika di Okinawa, Jepang. Hacksaw Ridge sendiri merupakan film biografi yang bercerita tentang seorang tentara medis Amerika Serikat bernama Desmond T. Doss, yang tetap bertahan hidup pada masa perang di Okinawa meski enggan untuk memegang senjata selama karirnya dan lebih mengutamakan pekerjaan utamanya untuk menyelematkan tentara-tentara yang terluka ketika perang berlangsung.

Disutradarai oleh seorang aktor terkenal Mel Gibson, meski sebetulnya menurut pendapat pribadi karirnya sebagai sutradara justru lebih baik ketimbang sebagai aktor. Film-film hasil arahan dan tangan dinginnya sebagai sutradara justru lebih baik bila dibandingkan dengan aktingnya, sebut saja seperti Braveheart (1995) yang telah mengantarkan dia mendapatkan predikat sebagai sutradara terbaik pada ajang penghargaan sekelas Academy Awards dan Golden Globes pada tahun berikutnya. Tidak hanya itu film Braveheart pada ajang penghargaan Academy Awards (1996) juga meraih penghargaan sebagai Best Picture. Selain itu Mel Gibson juga pernah mengarahkan film The Passion of the Christ (2004) dengan sangat baik, bahkan bisa disebut sebagai film terbaik yang berkisah tentang Yesus Kristus sebelum dikayu salib, serta film yang bercerita tentang suku Maya berjudul Apocalypto pada tahun 2006, dimana kedua film ini juga mendapatkan nominasi penghargaan pada acara Academy Awards, sayangnya kedua film tersebut tidak menang.

Untuk urusan naskah, Hacksaw Ridge dipercayakan pada Robert Schenkkan (serial televisi Spartacus, 2004) dan Andrew Knight (The Water Diviner, 2014), hasilnya juga tidak buruk, ditambah dengan kehadiran Mel Gibson di bangku sutradara, Hacksaw Ridge tampil dengan cerita dan visualisasi yang sangat baik. Tidak hanya itu penampilan para pemainnya sebagai barisan depan pada film ini juga tidak kalah bagus.

Tokoh Desmond T. Doss sendiri diperankan oleh aktor Andrew Garfield, aktor yang juga dikenal dengan perannya sebagai manusia laba-laba dalam film The Amazing Spider-Man. Andrew Garfield bermain dengan sangat baik di film ini, dalam perannya sebagai tentara medis, dia memerankan karakter yang memiliki sifat religius dan terkenal sebagai pembangkang di kesatuannya serta sering merepotkan rekan-rekannya bahkan atasannya sendiri. Karena keteguhan hatinya untuk tidak mau memegang senjata itulah ia sering mendapat perlakuan tidak menyenangkan dalam proses latihannya. Meski minim pengalaman dalam perang, aksi heroiknya dalam menyelamatkan para tentara yang terluka di atas bukit ketika menghadapi kelompok tentara Jepang merupakan aksi yang mengesankan, plus didukung dengan sinematografi yang hebat.

Aktor Vince Vaughn pun juga bermain baik di film ini, aktor yang sering bermain dalam film drama komedi ini dapat memerankan tokoh Sersan Howell dengan begitu baik, perannya kali ini jauh berbeda dengan peran yang selama ini dia lakoni,  karakternya yang tegas dan temperamental dalam memimpin regunya menempatkan karakter dirinya cukup disegani, walau tetap ada sedikit unsur komedinya pada beberapa adegan ketika dia tampil, dapat sedikit menambah keceriaan mengingat seriusnya film ini. Sam Worthington sebagai Kapten Glover dan Hugo Weaving sebagai ayah dari tokoh Desmond T. Doss makin menambah deretan aktor ternama di film ini, dimana kedua aktor tersebut juga bermain dengan begitu baik dan dapat mendalami masing-masing karakter yang mereka perankan. Dengan melihat hasil eksekusi pada film Hacksaw Ridge ini, makin menambah rekam jejak yang baik dalam karir sutradara oleh Mel Gibson.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *