Gods of Egypt (2016)

Gods of EgyptMenonton film tanpa ekspektasi berlebihan kadang memang dibutuhkan, seperti halnya dalam menonton film karya sutradara kelahiran Mesir, Alex Proyas yang berjudul Gods of Egypt. Yang naskahnya ditulis oleh duet Matt Sazama dan Burk Sharpless yang pernah bekerja sama dalam film Dracula Untold (2014) dan The Last Witch Hunter (2015). Film Gods of Egypt sendiri mendapatkan hasil yang tidak terlalu baik di box office dan juga mendapat banyak kritik buruk di situs web review film seperti di rotten tomatoes.

Tidak sepenuhnya sependapat dengan hal tersebut, Gods of Egypt nyatanya masih dapat sedikit dinikmati dengan isi ceritanya serta visualisasinya ke dalam bentuk film. Membuat kisah perang antar dewa ke dalam live action memang tidak mudah, bahkan tak sedikit yang juga mendapatkan respon yang tidak baik seperti film Clash of Titans (2010) dan Immortals (2011), meski dalam film Immortals sendiri memiliki banyak bintang di dalamnya, sebut saja ada Henry Cavill, Mickey Rourke, dan Luke Evans di sana, tetap saja tidak dapat menolong terlalu banyak jika naskah dalam cerita film tersebut tidak dapat diimbangi dengan baik.

Pada film Gods of Egypt mengandalkan pemeran atau pelaku utama yang menjadi cikal bakal terjadinya perang antar dewa dalam kisah mitologi Mesir Kuno, seperti Horus yang merupakan Dewa Langit (diperankan oleh Nikolaj Coster-Waldau) dan Set adalah Dewa Kegelapan, diperankan oleh Gerard Butler. Tidak seperti film-film yang sering dilakoni oleh Gerard Butler, di film Gods of Egypt dia berperan sebagai tokoh antagonis yang mencoba untuk merebut tahta sebagai raja pemimpin bangsa Mesir di antara dewa-dewa dan makhluk fana, manusia, dari putra mahkota yang seharusnya telah ditunjuk sebagai raja yang baru, Dewa Horus.

Didukung oleh aktor muda seperti Brenton Thwaites yang berperan sebagai Bek, seorang pencuri ulung yang kelak menjadi andalan Dewa Horus dalam membantu jalannya untuk merebut kembali tahtanya dan berperang melawan Dewa Set serta dewa-dewa sekutunya. Dan juga ada aktris muda, Courtney Eaton, yang sepintas pernah mencuri perhatian dalam film berjudul Mad Max : Fury Road, di film Gods of Egypt ini dia berperan sebagai Zaya, seorang wanita yang menjadi kekasih Bek, dan menjadi salah satu kunci di cerita ini dalam mendukung peran Bek sebagai sidekick Dewa Horus.

Naskahnya sendiri tidak terlalu buruk, masih dapat dinikmati ceritanya dari awal hingga akhir dan tidak terlalu bertele-tele, meski cerita mitologi di dalam film ini tetap dibumbui dengan cerita-cerita tambahan namun tetap mengambil intisari dari dalam kisah mitologi dewa-dewa kepercayaan bangsa Mesir terdahulu seperti yang saya pernah baca tentang Dewa Horus dan Dewa Set.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *