Ghostbusters (2016)

GhostbustersGhostbuster merupakan film komedi tentang kelompok pemburu hantu yang pernah terkenal dan muncul pertama kali pada tahun 1984 lalu, dengan bintang utamanya Bill Murray ketika itu bersama dengan tiga orang lainnya yaitu Dan Aykroyd, Harold Ramis, dan Ernie Hudson dalam sebuah kelompok yang bernama Ghostbuster. Dengan memanfaatkan judulnya yang terkenal itu dan dengan logo hantunya yang ikonik serta soundtracknya yang khas, Ghostbuster telah menjadi sebuah waralaba yang sukses. Ghostbuster sendiri pernah dibuatkan dalam bentuk video game dan serial animasi untuk kalangan anak-anak serta sempat menghiasi di layar kaca pada salah satu televisi nasional di Indonesia.

Pada bulan Juli 2016 lalu, film Ghostbusters kembali muncul dengan pemain-pemain baru pada kelompok pemburu hantu, yang kini dihuni oleh para aktris wanita, diantaranya adalah aktris Kristen Wiig sebagai Erin Gilbert, Melissa McCarthy sebagai Abby Yates, Kate McKinnon sebagai Jillian Holtzmann, dan Leslie Jones sebagai Patty Tolan. Bahkan Bill Murray pun turut hadir kembali di film Ghostbusters versi anyar ini meski hanya sebagai cameo. Untuk bangku sutradara dipercayakan kepada sutradara Paul Feig, sutradara yang sebelumnya pernah bekerja sama dengan aktris Kristen Wiig dalam film berjudul Bridesmaids di tahun 2011, dan dengan aktris komedian Melissa McCarthy pada film aksi komedi, The Heat di tahun 2013 dan Spy (2015).

Ghostbuster bercerita tentang beberapa ilmuwan wanita yang tertarik dengan dunia supranatural, yang sebelumnya selalu dianggap remeh oleh lingkungan luar karena aktivitas yang mereka jalani, ditambah tiga anggota dalam kelompok Ghostbuster tersebut merupakan ahli dalam bidang ilmu pengetahuan, yang justru dianggap menyimpang oleh mitra kerja mereka. Tidak hanya mengandalkan kerja sama tim, keempat jagoan wanita ini juga dibantu dengan senjata-senjata dengan teknologi tinggi yang dapat digunakan untuk menghadapi makhluk halus.

Paul Feig sendiri ditemani oleh Katie Dippold dalam menulis naskah film Ghostbusters (2016) ini. Sayang hasilnya tidak begitu baik, hanya mengulang memori cerita pada kisah aslinya yang pernah dibuat pada tahun 1984 lalu, yang baru mungkin hanya dari segi penampilan para anggota kelompok pemburu hantunya yang terdiri dari para wanita serta visual effect-nya yang juga cenderung tidak terlalu baik hasilnya. Jika dibandingkan dengan kisah aslinya, kisah orisinilnya masih lebih baik dibanding versi remake, merupakan pekerjaan rumah yang besar bila Ghostbuster ingin tetap dilanjutkan kembali untuk yang versi remake.

Kehadiran aktor Chris Hemsworth pun seakan tak dapat berbuat banyak, dengan perannya sebagai seorang resepsionis yang kikuk dan dengan serba kelakuan anehnya tak begitu berhasil memunculkan unsur komedinya. Beruntung Paul Feig memiliki aktris Kristen Wiig dan Melissa McCarthy di jajaran pemainnya, yang mungkin dapat membangkitkan suasana komedi nan heroik di sela-sela cerita. Terutama Melissa McCarthy yang dalam beberapa adegan dengan celetukan serta tingkah lakunya dalam perannya yang dapat mengundang gelak tawa beberapa saat.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *