Finding Dory – 2016

Finding Dory 2016

Finding Dory – Film komedi animasi 3D sekuel dari Finding Nemo (2003)  besutan Andrew Stanton ini mengkisahkan perjalanan blue tang fish bernama Dory untuk mencari kembali ayah dan ibunya. Setelah membantu Marlin menyelamatkan Nemo pada prekuel sebelumnya, Dory bersama Marlin membesarkan Nemo sampai ketika Dory merasa dirinya di undang untuk menjadi asistan Mr. Ray dalam suatu kelas. Selama kelas tersebut lah Dory tiba-tiba teringat akan keluarganya.

Marlin, Nemo, dan Dory pun melakukan perjalanan ke California dengan bantuan Crush si kura-kura, untuk mencari keberadaan orang tuanya. Dalam perjalanan tersebut mereka bertemu dengan cumi-cumi raksasa yang hampir memakan Nemo, Marlin pun cemberut terhadap Dory dan mengatakan bahwa Dory seharusnya melupakan kejadian tersebut ( sindirian Marlin terhadap kemampuan mengingat Dory ). Dory yang merasa tidak enak menjauh mencari bantuan dan berenang ke permukaan, kemudian ditolong oleh relawan Marine Life Institute untuk dilepaskan dari plastik 6 pax bungkus minuman yang tersangkut di tubuh Dory.  Di sinilah Dory terpisah dari Marlin & Nemo, Dia dibawa ketempat karantina dan diberi tag(label) tidak lama munculah Hank octopus yang memiliki 7 tentakel.

Banyak kejadian lucu setelah Dory bertemu dengan Hank, aksi-aksi Kocak Hank dengan kemampuannya untuk berkamuflase menyerupai benda-benda yang ditempelnya. Hank membantu untuk menemukan orangtua Dory  dengan syarat akan mendapatkan label yang dikenakan Dory, karena label tersebut akan membawa si pemakai ke Cleveland ( hal yang sangat di ingikan Hank ). Sementara itu Marlin bersama Nemo menyusul untuk menyelamatkan Dory, mereka bertemu dengan 2 anjing laut dan seekor burung bernama Becky, dari bantuan Becky lah Marlin & Nemo berhasil masuk ke dalam Institute.

Setelah Hank mengantar dan memasukan Dory ke sebuah akuarium besar tempat masa kecil Dory, harapan semakin besar untuk segera bertemu kedua orangtuanya, namun hal itu pupus karena Dory tidak dapat menemukan orangtuanya. Dia mendapat informasi bahwa kedua orang tuanya ada di bagian karantina, akhirnya Dory memutuskan untuk melalui pipa tempat dimana Dory terseret arus dan berpisah dengan orang tuanya. Sempat tersesat didalam pipa akhirnya Dory teringat oleh teman pipanya seekor hiu paus bernama Destiny dengan panggilan kas, Destiny pun mendengar panggilan Dory dan bersama dengan paus beluga bernama Bailey dengan kemampuan ekolokasi-nya berkerjasama untuk menuntun Dory keluar dari pipa menuju bagian karantina, pada bagian ini-lah Marlin, Nemo dan Dory bertemu kembali.

Sesampainya dibagian karantina Dory tidak berhasil menemukan orangtuanya, menurut informasi dari kawanan blue tang fish orangtuanya mencari Dory kebagian karantina dan tidak pernah kembali. Hank yang cemas tertinggal truk kehilangan fokus hanya mengambil Dory dan meninggalkan Marlin & Nemo, tak lama Hank ditangkap  oleh petugas dan tak sengaja menjatuhkan Dory ke saluran pembuangan. Pada momen inilah Dory mengingat tempat dimana dia pertama kali tersesat, tak lama Dory menemukan kerang dan mengikutinya disitulah Dory menemukan keluarganya. Ternyata selama ini kedua orangtua Dory selalu yakin bahwa anaknya akan menemukan jalan pulang dengan memasang kerang setiap harinya disepanjang jalan supaya Dory bisa mengikutinya.

Setelah senang bertemu dengan kedua orangtuanya, masih ada 1 misi lagi yang harus dilakukan, yaitu menyelamatkan Marlin & Nemo, Dory bersama Destiny, Bailey , kedua orangtuanya mengejar truk yang mengakut Marlin, Nemo & Hank. Trik untuk menghentikan truk tersebut berhasil, Marlin & Nemo berhasil keluar dari truk namun posisi kini terbalik, Dory dan Hank masih tertinggal di dalam truk dan berhasil membajak truk, Hank bertugas menginjak pedal dan kemudi truk dan Dory sebagai penunjuk jalan karena Hank tidak bisa melihat jalan.

Dory dan Hank pun berhasil melarikan diri dengan menerjunkan truk tersebut kedalam Laut, bersama dengan itu semua ikan dalam truk juga berhasil keluar. Mereka Dory & kedua orangtuanya, Hank, Destiny, Bailey kembali ke tempat Marlin dan mempunyai kehidupan baru disana.

Andrew Stanton tidak sendirian di sini dalam menahkodai film Finding Dory, bersama sang co-director Angus MacLane, mereka bekerja sama dengan sangat baik dalam menyuguhkan kisah sekuel dari Finding Nemo ini. Untuk mengobati kerinduan akan kisah Nemo dan rekan-rekannya, acungan jempol diberikan kepada Andrew Stanton sebagai creator dan penulis cerita, dialah dalang di balik kesuksesan film ini, bahkan hingga tiga pekan sejak penayangannya masih merajai box office. Angus MacLane juga bukan orang baru di dunia animasi, meski di Finding Dory inilah peran barunya sebagai sutradara di film berdurasi panjang. Sebelumnya dia adalah animator andalan Walt Disney dan Pixar Animation Studios pada beberapa film animasi yang juga sukses di bioskop, sebut saja seperti Toy Story 2, Up, The Incredibles, Finding Nemo, dan Toy Story 3. Dan kehadiran Ellen DeGeneres yang masih sebagai pengisi suara Dory juga menambah keseruan dengan suara khasnya.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *