Film Biography Hitchcock (2012)

hitchcock

Hitchcock, adalah sebuah film drama biography yang dibuat oleh sutradara asal Inggris, Sacha Gervasi, yang sebelumnya juga pernah menulis cerita untuk film The Terminal (2004) dan Henry’s Crime (2010). Mengangkat cerita tentang sutradara ternama yang memiliki julukan “The Master of Suspense“, Alfred Hitchcock, dan berlatar waktu pada era tahun 1959-1960, ketika melakukan proses pembuatan film yang menjadi salah satu karya terbesar milik Hitchcock sendiri yaitu Psycho.

Pada awal kemunculan film diperkenalkan pada sosok karakter bernama Ed Gein, seorang pembunuh yang terkenal pada era tahun 1950-an, sosok ini mirip sekali dengan tokoh karakter Norman Bates pada film Psycho yang kelak akan menjadi salah satu film terbaik arahan Alfred Hitchcock, dan digadang-gadang menjadi cikal bakal film dengan genre psychological thriller. Di satu sisi Hitchcock sendiri menjadi terobsesi dengan karakter Ed Gein ini, dan kadang Hitchcock mengalami delusi akan kehadiran Ed Gein di dekatnya, ketika dia mengalami kegelisahan dalam hidupnya akibat tekanan akan karirnya sebagai sutradara ternama.

Di film ini banyak dibintangi oleh aktor dan aktris ternama, sebut saja Anthony Hopkins yang memerankan sang sutradara Alfred Hitchcok, Helen Mirren sebagai Alma Reville, istri dari Hitchcock yang juga berperan besar dalam dunia karir suaminya, Scarlett Johansson sebagai Janet Leigh, sang aktris yang memerankan karakter utama Marion Crane dalam film Psycho, dan juga Jessica Biel sebagai Vera Miles, aktris yang pernah ingin dijadikan bintang besar oleh Hitchcock namun ditolaknya dengan alasan lebih memilih keluarga dibanding karir aktris yang menanjak, yang juga memerankan karakter Lila Crane pada film Psycho, dan Hitchcock sendiri merasa sangat kecewa akan penolakan Vera Miles tersebut.

Setelah sukses dengan film North by Northwest pada tahun 1959, keraguan mulai muncul dari kalangan wartawan terhadap Hitchcock, apakah dia akan terus menjalani kesuksesan dalam karir sutradaranya mengingat usianya yang sudah sangat tua dan sudah tiga dekade pula dia menjalani peran sebagai sutradara. Mendengar hal tersebut Hitchcock justru semakin memantapkan dirinya untuk membuat film kembali namun bukan film yang biasa-biasa saja. Dengan dibantu oleh tim dan istrinya Hitchcok menyusun kembali rencana untuk membuat film baru.

Dengan nama besar Hitchcock, bukan berarti tidak ada halangan dalam pembuatan film baru yang berjudul Psycho, yang diangkat dari sebuah novel karya Robert Bloch. Seperti kendala biaya produksi yang tak disanggupi oleh perusahaan film Paramount Picture yang mengakibatkan Hitchcock harus mengeluarkan dana dari kantungnya sendiri karena ketidakyakinan petinggi Paramount akan film Psycho, dan konflik-konflik asmara dengan istrinya, Alma Reville, serta kendala dengan lembaga sensor film terkait film Psycho pada adegan mencekam di kamar mandi.

Sutradara Sacha Gervasi cukup baik mengarahkan film Hitchcock dan mengangkat suasana kegalauan dalam diri Hitchcock menghadapi dilema pada proses pembuatan film Pyscho pada tahun 1959. Beruntung ada Anthony Hopkins di sini yang memerankan sosok Hitchcock dengan baik serta Helen Mirren yang sudah tak diragukan lagi penampilannya dalam berakting, juga sangat baik memerankan Alma Reville dengan segala kegundahan hatinya dan ketegarannya dalam menemani perjalanan karir dan kehidupan sang suami.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *