The Divergent Series : Allegiant (2016)

allegiant

Allegiant – Merupakan film serial ketiga dari adaptasi novel fiksi ilmiah karya penulis Veronica Roth yang berjudul Allegiant. Dan masih disutradarai oleh Robert Schwentke yang sebelumnya juga menyutradarai Insurgent, serial kedua dari film Divergent Series yang dirilis pada tahun lalu. Bercerita tentang lanjutan kisah petualangan Tris dan rekan-rekannya selepas peristiwa jatuhnya tirani yang dipimpin oleh Jeanine yang memimpin kelima faksi pada film sebelumnya.

Masih diperankan oleh Shailene Woodley sebagai Tris, satu-satunya tokoh divergent dan merupakan karakter utama di serial film Divergent, Theo James berperan sebagai Four, sang kekasih Tris dan juga rekan seperjuangan dalam membebaskan faksi dari perpecahan, serta Miles Teller sebagai Peter, merupakan rekan  Tris dan Four yang bisa disebut sebagai antihero, ikut serta dalam perjuangan Tris namun kadang bisa juga menjadi tokoh yang menusuk dari belakang.

Setelah mengetahui bahwa ada kehidupan manusia selain di luar tembok yang mengelilingi distopia Chicago melalui video yang berhasil dibongkar oleh Tris karena dia adalah seorang divergent dan turut disaksikan oleh penduduk kelima faksi di film Insurgent, pada cerita Allegiant ini, Tris dan Four beserta rekan-rekan seperjuangannya berencana untuk keluar dari tembok tersebut untuk menyingkap apa yang terjadi pada dunia luar. Namun sayangnya niat tersebut dihalangi oleh Evelyn (diperankan oleh Naomi Watts), merupakan ibu kandung Four yang menjadi pemimpin pemberontakan serta ikut serta dalam menumbangkan Jeanine dari kepimpinannya di kelima faksi. Evelyn beranggapan bahwa tidak ada yang dapat diharapkan pada apa yang terjadi di luar tembok dan kemungkinan apa yang terjadi di luar bisa menjadi ancaman di dalam.

Sepintas apa yang dilakukan oleh Evelyn dalam era baru setelah tidak adanya pemimpin kelima faksi mirip dengan apa yang dilakukan oleh Jeanine sebelumnya, hal inilah yang ditakutkan oleh anaknya sendiri, Four, terhadap ibunya. Kekacauan masih terjadi, jauh dari harapan Tris akan perdamaian kelima faksi dan tidak adanya pengelompokan kembali di antara warga Chicago.

Tris dan Four serta kawan-kawannya pun menyelinap keluar dari tembok pembatas yang menjulang tinggi, setelah berhasil keluar, mereka bertemu dengan kelompok warga yang menjadi pengawas mereka selama berada di dalam tembok Chicago dan mengetahui bahwa mereka adalah objek pemerintahan dalam mewujudkan atau memperbaiki manusia dari istilah rusak” menuju manusia yang “murni”.

Kisah tentang pengelompokan warga dalam kisah film Divergent ini sering disandingkan dengan kisah dalam film Hunger Games dan Maze Runner, sama-sama film adaptasi dari novel fiksi ilmiah. Namun apa yang terjadi dalam eksekusi ke dalam film terutama dalam seri Allegiant ini, hasilnya masih jauh dari seri-seri dalam seri Hunger Games maupun Maze Runner. Sangat disayangkan dengan ide cerita yang sebenarnya bagus, harusnya bisa dimaksimalkan oleh tim penulis cerita di film ini. Eksekusi sang sutradara, Robert Schwentke, pun juga tidak terlalu baik namun juga tidak terlalu buruk, berharap dalam kisah selanjutnya di film Ascendant, dapat ditutup dengan manis, meski sejak awal mengalami start yang tidak terlalu baik.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *