Deadfall (2012) – Movie Review

deadfall

Deadfall – Yang namanya pelarian apalagi jika berkaitan dengan pencurian atau perampokan memang tidak selalu berjalan dengan mulus pada akhirnya. Hal serupa terjadi pada pasangan kakak beradik yang bernama Addison (diperankan oleh Eric Bana) dan Liza (Olivia Wilde). Dalam pelarian mereka dari pencurian besar, dengan membawa uang yang jumlahnya sangat banyak, harus menghadapi halangan berupa kecelakaan pada mobil yang mereka tumpangi hingga menyebabkan mobil mereka terguling dan tidak dapat digunakan kembali. Dengan kondisi iklim yang tidak bersahabat dan jalan yang dipenuhi padang salju, petualangan baru pun dimulai oleh masing-masing kedua karakter tersebut dalam meneruskan perjalanan mereka dengan berjalan kaki secara terpisah dengan tujuan supaya dapat membantu menghilangkan jejak mereka dari kasus kriminal yang mereka berdua alami.

Tentu tidak mudah melarikan diri terutama dari kejaran para polisi yang sewaktu-waktu dapat menemukan mereka, apalagi di tengah dinginnya cuaca dingin serta jalanan yang berat untuk melangkah karena diselimuti oleh salju-salju yang menumpuk, merupakan tantangan dan rintangan yang sangat berat. Ditambah perjalanan tersebut harus dilakukan sendirian, apalagi jika seorang wanita yang melakukannya. Dengan wajah yang cantik serta didukung juga dengan fisiknya yang menarik, Liza, memang ditugaskan oleh kakaknya untuk menggunakan pesona pada dirinya untuk menarik perhatian pengendara mobil yang melintas supaya dapat membantu dirinya dalam perjalanan di tengah padang salju yang lebat.

Adalah kakaknya, Addison, yang sejak kecil sudah mengalami kekerasan oleh ayah kandungnya, yang berdampak pada sisi psikologis dirinya untuk membentuk karakter dirinya yang keras dan beradaptasi pada lingkungan yang tidak baik, selalu berkaitan dengan kejahatan atau kriminal. Meskipun karakternya seperti itu, Addison-lah yang selalu menjadi pendamping atau penolong adiknya Liza, hingga dia ikut terlibat dalam kasus kejahatan kakaknya yang terakhir ini.

Ada tokoh penyelamat yang bernama Jay di sini yang menyelamatkan Liza dari perjalanan seorang dirinya di tengah padang salju, yang diperankan oleh Charlie Hunnam, mantan petinju profesional yang sayangnya karirnya harus berhenti di tengah jalan karena sebuah kasus. Karakter Jay sendiri mirip dengan Addison yang penuh emosi dan juga erat dengan kriminal, selain itu juga memiliki hubungan tidak baik dengan yang namanya polisi.

Film Deadfall ini dinahkodai oleh sutradara asal Austria, Stefan Ruzowitzky, dan dari sisi penulis cerita ada Zach Dean, cukup baik dari sisi cerita maupun penyutradaraan namun tetap tidak terlalu mengesankan. Beruntung ada Eric Bana dan Charlie Hunnam di sini yang dapat menguatkan karakter mereka masing-masing, sayang Olivie Wilde mungkin hanya menjadi pemanis saja di sini, karakter yang dia perankan sebagai “little sister” belum begitu maksimal. Untuk penikmat film thriller, film Deadfall ini cukup layak untuk ditonton.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *