Cyber Crime Movie : Blackhat (2015)

Blackhat

Tidak mudah mengangkat tema tentang dunia cyber crime atau yang berkaitan dengan hacker ke dalam film, mungkin hanya segelintir film yang bisa sukses dan dapat diterima oleh penonton membawa tema ini, contohnya saja seperti Die Hard 4 : Live Free or Die Hard (2007) dan Swordfish (2001). Bahkan sang sutradara sekelas Michael Mann yang pernah mengarahkan film-film bergenre crime seperti Collateral (2004), Miami Vice (2006), dan Public Enemies (2009) seperti tertatih-tatih dalam mengarahkan film Blackhat dari awal film hingga selesai.

Michael Mann sendiri memiliki jejak karir yang cukup baik sebagai seorang sutradara, dari karya-karyanya ada beberapa yang sangat baik hasilnya, seperti Collateral dan Public Enemies. Mungkin tanggung jawab hasil yang tidak begitu baik pada film Blackhat ini harus diarahkan juga kepada sang penulis cerita Morgan Davis Foehl. Jika melihat dari track record Morgan Davis Foehl sebagai penulis, film Blackhat ini merupakan debutnya. Namun hal tersebut seharusnya bukan menjadikan alasan mengapa hasil skenario ini tidak begitu baik.

Diperankan oleh aktor Chris Hemsworth sebagai Nick Hathaway, seorang tahanan di Amerika Serikat karena kasus peretasan dan Viola Davis sebagai Carol Barrett, adalah seorang agen FBI. Serta Wei Tang (Chen Lien), seorang IT engineer dan Leehom Wang (Chen Dawai) yang bekerja pada kepolisian dan pertahanan Hong Kong, adalah dua kakak beradik yang ditugaskan untuk menyelesaikan masalah cyber crime yang sedang melanda di negeri mereka. Yang kemudian meminta bantuan Nick Hathaway untuk membantu mereka menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

Untuk sisi peran dari aktor dan aktris di film Blackhat, tidak ada yang begitu menonjol, berharap pada nama besar Chris Hemsworth dan Viola Davis, serta duo eks pemeran dalam film Lust, Caution, Wei Tang dan Leehom Wang, hasilnya tetap saja belum maksimal untuk mendukung cerita. Adegan action di sini juga terlihat tidak begitu megah mengingat film ini juga bergenre action, terlihat seperti setengah-setengah dalam menampilkan adegannya.

Dari sisi cerita terlihat menjanjikan di awal-awal film, namun ketika masuk ke pertengahan film sejak adegan investigasi kasus kembali ke Hong Kong dari Amerika Serikat mulai terlihat anti klimaks hingga akhir film, seperti kelelahan dan mengulur-ulur waktu. Dan mungkin karena hasil skenario yang tidak terlalu baik, sang sutradara Michael Mann pun tidak dapat maksimal dalam mengarahkan film Blackhat, sangat disayangkan.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *