Confessions (2010)

ConfessionsMerupakan salah satu film dengan genre psychological thriller terbaik asal negeri sakura yang pernah saya tonton. Confessions atau dalam bahasa Jepang-nya berjudul Kokuhaku adalah sebuah film yang diadaptasi dari novel karya penulis Kanae Minato pada tahun 2008 lalu yang kemudian dirilis kembali ke dalam format film dua tahun kemudian. Tetsuya Nakashima lah yang menjadi tokoh sentral dalam menahkodai pembuatan film ini, selain sebagai sutradara, Tetsuya Nakashima juga berperan sebagai penulis naskah. Di tangan dinginnya Confessions dapat tampil dengan sangat baik, baik dari segi visualisasi maupun alur ceritanya yang tertata dengan rapi itu.

Sesuai dengan judul film ini, ya “pengakuan”, adalah inti cerita bagaimana film ini berjalan sejak awal mula hingga kejutannya di akhir film yang luar biasa atau lebih pantas disebut dengan istilah “gila“. Disajikan bagian per bagian dengan alur cerita maju plus kilas baliknya dari pengakuan masing-masing karakter pendukungnya hingga membentuk sebuah rangkaian cerita yang saling terhubung. Ditambah dengan tampilan-tampilan gerakan lambat yang seolah-olah mendramatisir pada beberapa adegan serta warna gelap yang menjadi warna utama, semakin mempertajam akan kesan kelamnya pada kisah film ini.

Confessions bermula dari kisah pengakuan seorang guru SMP di hari terakhir dia mengabdi di sekolah tersebut bernama Yuko Moriguchi yang diperankan oleh aktris Takako Matsu mengenai kisah kehilangan putrinya di sebuah kolam renang belakang sekolah. Yang ternyata curahan hatinya di depan murid-muridnya itu berujung menjadi kepanikan massal. Kisah pengakuan yang awalnya manis dan bercerita tentang arti pentingnya sebuah kehidupan berubah menjadi cerita intimidasi kepada murid-muridnya. Hingga kisah pengakuan satu per satu dari orang-orang yang terlibat langsung dengan pengakuan cerita ibu guru Yuko Moriguchi pun saling berkelanjutan.

Mengambil tema tentang “permainan” balas dendam mengingatkan kembali akan kisah dalam film trilogi karya sutradara asal Korea Selatan, Park Chan-wook (salah satunya adalah film berjudul Oldboy yang dirilis pada tahun 2003). Meski belum sehebat dan sekelam apalagi sejahat Oldboy, Confessions sendiri tetaplah film yang patut dan layak untuk diperhitungkan. Kepiawaian para pendukung aktor dan aktrisnya juga bermain dengan begitu apik di sini, terutama aktris Takako Matsu yang dapat tampil sangat baik memerankan guru SMP yang penuh depresi selepas kehilangan anaknya namun berusaha agar tetap tegar di hadapan para muridnya dan tak lupa permainan pikirannya yang dapat mempengaruhi orang-orang.

Tak bisa dilupakan juga peran seorang murid SMP bernama Shuya Watanabe yang diperankan oleh aktor muda Yukito Nishii yang juga bermain begitu baik, sebagai siswa SMP yang didaulat sebagai siswa tercerdas di tingkatnya namun memiliki kepribadian yang sangat aneh sangat berlawanan dengan karakter jeniusnya karena obsesinya yang berlebihan akan sebuah pengakuan orang lain, terlihat bagaimana kisah pengakuannya yang begitu mencengangkan. Confessions adalah film thriller yang sarat akan kisah drama yang begitu kelam.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *