Cara Mudah Buat Paspor 2017

Bagi Anda yang ingin membuat Paspor baik untuk traveling ataupun untuk perjalanan dinas kantor , tata cara nya sangatlah mudah dan tidak berbelit-belit dibandingkan perpanjangan STNK motor. Anda dapat mengajukan permohonan pada website Antrian Online .

Pada tulisan kali ini saya akan membahas pendaftaran paspor baru pada kantor Imigrasi Kelas II , Kota Bekasi. Saya waktu itu mendaftarkan antrian permohonan pembuat paspor baru pada website
Antrian Online . Untuk lebih detail Anda bisa mengunjungi Website Imigrasi, pilih menu layanan publik -> permohonan paspor online.

Permohonan Online:

Step 1 : Setelah masuk di webpage Antrian Online silahkan masukan no Hp , pilih permohonan paspor. Masukkan kode captcha yang tertera pada layar ponsel/monitor kemudian klik Send Notification. Tunggu beberapa saat, no Hp yang Anda masukan akan mendapatkan SMS berupa 4 digit kode verifikasi.

Step 2 : Segera masukkan kode verifikasi tersebut (batas waktu pengisian hanya 5 menit) dan pilih tanggal dan waktu kedatangan dengan mengklik icon centang.

Step 3 : Tentukan berapa orang yang akan datang bersama Anda untuk permohonan paspor. Jika sendiri maka Anda bisa memilih 1 orang. Klik Next.

Step 4 : Masukkan data diri Anda (nama dan nomor Kartu Keluarga Anda). Klik Next.

Step 5 : Anda akan menerima Kode Pendaftaran berupa barcode, kode, nama dan nomor KK serta tanggal dan waktu kedatangan yang telah ditentukan, kemudian Cetak/Print.

Berkas yang harus disiapkan:

  1. Foto Copy KTP, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran/Ijasah/Akta Nikah/Surat Baptis (Berkas ini dibawa juga Berkas Aslinya yah untuk pengecekan). Bagi yang sudah bekerja disiapkan juga Surat Keterangan Kerja dari kantor. Foto copy disiapkan dalam kertas A4 ( jangan digunting).
  2. Bawa Print Kode Pendaftaran hasil dari  permohonan online.
  3.  Surat pernyataan pembuatan paspor & Formulir data ( bisa didapat pada kantor imigrasi ).
  4.  Materai untuk surat pernyataan.

Datang pada tanggal & waktu yang sudah dipilih pada saat permohonan online : 

  1. Untuk menghindari terlewatnya nomor antrian, Anda diharapkan hadir 30 menit lebih awal. Scan Kode Pendaftaran di mesin antrian (biasanya ada petugas di depan pintu masuk, ikuti arahannya).
  2. Setelah mendapat nomor antrian, silahkan menunggu panggilan untuk penyerahan berkas (formulir), loketnya ada tepat di depan pintu masuk. Jika semua berkas dinyatakan lengkap, Anda akan mendapatkan nomor antrian untuk biometri).
  3. Antri biometri, data biometri Anda akan di simpan di database (foto, sidik jari). Buat mbak – mbak yang pakai softlens berwarna, harus di lepas dulu.
  4. Antri  wawancara.
  5. Setelah proses wawancara selesai, Anda akan diinformasikan untuk biaya pembuatan paspor. Untuk pembuatan paspor baru 48 lembar dikenakan biaya Rp, 355.000,- . Sedangkan untuk paspor baru 24 lembar, dikenakan biaya Rp. 155.000,- (untuk travelling dan perjalanan bisnis/dinas kantor, kita  akan diminta untuk membuat paspor baru 48 lembar , karena paspor 24 lembar biasanya untuk TKI ).  Proses pembuatan paspor baru kurang lebih 4 hari kerja.
  6. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank atau mobil POS Indonesia yang standby di depan kantor Imigrasi ( jika Anda memilih layanan POS Indonesia, paspor yang sudah jadi akan di kirimkan ke alamat rumah tanpa perlu mengantri untuk pengambilannya), tentukan akan di kenakan biaya tambahan untuk jasa pengiriman tersebut.

Note : Untuk anda yang mengurus paspor yang hilang atau rusak akan dikenakan biaya yang berbeda, yakni untuk penggantian paspor 48 lembar dikenakan biaya Rp. 655.000,- sedangkan penggantian untuk paspor 24 halaman sebesar Rp.255.000,-

 

AddressJl. Ahmad Yani No. 2, Kayuringin Barat, Bekasi Barat, Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, Kayuringin Jaya, Bekasi Sel., Kota Bks, Jawa Barat 17144

Share this :
Comments
  1. Triplek
    • Triplek
    • crustacea iris
  2. mahasiswa baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *