ARQ (2016)

ARQ – Film dengan tokoh utama yang dibintangi oleh Robbie Amell dan Rachael Taylor mengisahkan dimana mereka berdua terjebak dalam putaran waktu dalam sebuah lab milik Renton yang diperankan Robbie. Sebelum tragedi perulangan waktu itu terjadi, Rachael sebagai Hannah merupakan kekasih Renton dimana mereka harus terpisah akibat ultah Torus. Setelah bebas Hannah bergabung dengan Bloc bersama kekasih barunya Grim yang diperankan oleh Gray Powell.

Pada awalnya kelompok Bloc mengincar Scrips semacam saldo tabungan menurut saya, masing-masing memiliki nilai jutaan Dollar yang dimiliki oleh Renton. Dengan 4 anggota mereka menerobos masuk ke Lab milik Renton, disinilah awal mula terjadinya perulangan waktu, disaat 1 anggota Bloc bernama Cuz tersengat aliran listrik yang ada pada ARQ yang dengan tidak sengaja mengaktifkan perulangan waktu.

Mulanya Renton tidak sadar akan terjadi perputaran waktu, semua yang dilalui berasa seolah-olah pernah terjadi makin sering terulang Renton akhirnya sadar, disinilah banyak fakta yang terungkap. Semakin sering terulang Renton mengetahui alur di waktu kedepannya. Film ini mengingatkan saya akan Tom Cruise pada film Edge of Tommorow (2014), secara konseptual sama persis.

Sampai dengan Film selesai saya kurang puas dengan penjelasan ilmiah yang disampaikan oleh Renton perihal perputar waktu oleh ARQ. Secara pribadi film ini cukup bisa dinikmati, saya lebih senang melihat Taylor saat bermain di Film The Transformer sebagai jurnalis hehehe..

ARQ sendiri setelah saya telusuri adalah sebuah protokol, yang berfungsi untuk mengirimkan permintaan ulang ketika terjadi error pada pengiriman paket dari sebuah transmisi. Permintaan ini akan berulang-ulang sampai data berhasil diterima oleh receiver. Oleh karena itu mungkin pada film ini waktu selalu berulang kembali selama Mesin ARQ masih hidup. Berlandaskan protokol ARQ ini mungkin Tony Elliott terinpirasi untuk menuangkan ide liarnya kedalam sebuah film.

Masih banyak yang menarik dibahas pada Film ini seperti master console ARQ, dan radius perulangan waktu yang hanya terjadi pada lab Renton , maybe next time saya akan ulas kembali.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *